PENGARUH HEALTH EDUCATION DENGAN MULTI MEDIA TERHADAP ANSIETAS PASIEN PRE OPERASI ORTOPEDI DI RUMAH SAKIT ANTON SOEDJARWO PONTIANAK

Andre .

Abstract


Latar Belakang: Masalah yang sering dialami oleh pasien pre operasi adalah ansietas. Ansietas adalah kekhawatiran yang tidak jelas dan  menyebar, yang berkaitan dengan perasaan tidak pasti dan tidak berdaya. Ansietas dapat diminimalkan dengan berbagai cara, satu diantaranya adalah dengan pemberian health education dengan multi media.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pemberian health education dengan multi media terhadap ansietas pasien pre operasi ortopedi di rumah sakit Anton Soedjarwo Pontianak.

Metodologi Penelitian: Penelitian ini  kuantitatif dengan desain eksperimen semu dan rancangan pre and post test control group. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 26 responden yang terbagi menjadi 13 responden kelompok intervensi dan 13 responden kelompok kontrol dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Consecutive sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah Hamilton Anxiety Rating Scale.

Hasil: Uji hipotesis dengan uji t berpasangan menunjukkan adanya perbedaan yang bermakna antara pre test dan post test ansietas pada kelompok intervensi (p = 0,000), uji Wilcoxon menunjukkan adanya perbedaan yang bermakna antara pre test dan post test ansietas pada kelompok kontrol (p = 0,017). Uji Mann Whitney menunjukkan adanya perbedaan yang bermakna pada skor ansietas post test diantara kedua kelompok (p = 0,000).

Kesimpulan: Pemberian health education dengan multi media memiliki pengaruh terhadap ansietas pasien pre operasi ortopedi. Hal ini menunjukan bahwa perawat harus memberikan health education dengan multi media sebagai satu diantara intervensi keperawatan untuk menurunkan ansietas.

 

Kata kunci             : Health Education, Multi Media, Ansietas, Pre Operasi, Ortopedi


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.