PENGARUH HYPNOTERAPI TERHADAP TINGKAT NYERI DISMENORE DI SMPN 16 PONTIANAK TAHUN 2015

Annisa Fitri Aun .

Abstract


Latar Belakang: Dismenore merupakan rasa nyeri yang menyertai pada saat menstruasi yang biasanya terjadi rasa kram dan berpusat di abdomen bagian bawah. Rasa nyeri ini dapat mengganggu aktifitas sehari-hari dan dapat mengganggu proses belajar sehingga diperlukan penanganan. Salah satu cara menurunkan nyeri dismenore ini dengan menggunakan hypnoterapi. Hipnoterapi menggunakan kekuatan sugesti dan fikiran yang mengubah gelombang otak menjadi kondisi alfa dan theta sehingga langsung merelaksasikan pasien dan pasien menjadi lebih nyaman dalam waktu yang cukup singkat.

Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh hypnoterapi terhadap tingkat nyeri dismenore di SMPN 16 Pontianak Tahun 2015.

Metode: Penelitian ini adalah penelitian pre experimental dengan rancangan one-group pretest posttest. Sampel penelitian adalah remaja putri yang mengalami nyeri haid yang berjumlah 16 orang dan diambil secara purposive sampling. Instrument penelitian adalah lembar pretest dan posttest skala numeric (Numeric Ratting Scale atau NRS).

Hasil: Hasil uji Marginal Homogeneity menunjukkan ada penurunan tingkat nyeri yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan yaitu p=0,000 (p<0,005).

Kesimpulan: Hypnoterapi efektif untuk menurunkan intensitas nyeri dismenore pada remaja putri di SMAN 16 Pontianak tahun 2015.

 

Kata Kunci            : Nyeri Haid (dismenore), Hypnoterapi


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.