HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN PASCA STROKE NONHEMORAGIK DI RSUD SULTAN SYARIEF MOHAMMAD ALQADRIE

Syarief Muhammad Fahmi Yuzar .

Abstract


Latar Belakang: Stroke membuat kualitas hidup pasien menurun karena stroke tidak hanya mempengaruhi fisik tetapi kognitif, bahasa, emosi dan juga fungsi sosial. Dukungan keluarga diperkirakan akan meningkatkan kualitas hidup pasien.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan kualitas hidup pada pasien pasca stroke nonhemoragik di RSUD Sultan Syarif Mohammad Al Qadri.

Metode: Desain penelitian kuantitatif dengan metode korelasi dengan rancangan retrospective pada 65 responden menggunakan teknik simple purposive sampling di poli saraf instalasi jalan di RSUD Sultan Syarif Mohammad Al Qadri. Menggunakan kuesioner dukungan keluarga dan SS-QOL (Stroke Specific Quality of Life Scale). Analisa data menggunakan uji pearson.

Hasil: Uji pearson didapatkan nilai p value = 0,001 (p < 0,05) artinya terdapat hubungan dukungan keluarga dengan kualitas hidup pada pasien pasca stroke nonhemoragik di RSUD Sultan Syarif Mohammad Al Qadri.

Kesimpulan: Ada hubungan dukungan keluarga dengan kualitas hidup pada pasien pasca stroke nonhemoragik di RSUD Sultan Syarif Mohammad Al Qadri. Perawat diharapkan mampu memberdayakan dukungan - dukungan dari orang terdekat pasien stroke.

 

Kata kunci: Stroke, Dukungan keluarga, Kualitas hidup.

Daftar Pustaka 44 (1993 - 2014)




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jpn.v3i1.13472

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Journal Visitors

Flag Counter