PENGARUH PEMBERIAN PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN SISWA MENGENAI HIV AIDS DI SMP PGRI 02 SINGKAWANG

Ricca Anggareyni .

Abstract


Latar Belakang prevalensi angka kejadian HIV/AIDS menunjukkan adanya peningkatan jumlah penderita HIV dengan total 150.296 jiwa dan penderita AIDS sebanyak 55.799 jiwa, dengan total 57,8% kasus AIDS berasal dari kelompok  usia 15-29 tahun. Kenakalan remaja seperti perilaku seks bebas dan minimnya pengetahuan remaja mengenai HIV/AIDS menjadi pemicu tingginya resiko tertular HIV pada remaja. Tingkat pengetahuan yang adekuat merupakan salah satu faktor yang sangat untuk mencegah semakin meningkatnya penderita HIV/AIDS. Oleh sebab itu, maka salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah semakin banyak penderita HIV/AIDS adalah dengan cara pemberian pendidikan kesehatan seperti cara pencegahan HIV/AIDS.

Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pendidikan kesehatan mengenai HIV/AIDS di SMP PGRI 02 Singkawang.

Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan desain penelitian pre-ekperimental dengan one-group prettes-posttest design tanpa kelompok kontrol. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling, jumlah sampel 19 orang siswa. Pemberian pendidikan kesehatan diberikan selama 60 menit. Pengukuran tingkat pengetahuan yang kedua kalinya dilakukan setelah 2 minggu pemberian pendidikan kesehatan.

Hasil Uji data bivariate menggunakan ui Wilcoxon dengan nilai p-value sebesar 0,000 < 0,05  artinya ada peningkatan pengetahuan yang signifikan antara tingkat pengetahuan sebelum dan tingkat pengetahuan  sesudah diberikan pendidikan kesehatan mengenai HIV/AIDS, sehingga teori Ha diterima.

Kesimpulan terdapat pengaruh pemberian pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan siswa mengenai HIV AIDS di SMP PGRI 02 Singkawang tahun 2015.

Saran perawat agar lebih aktif meningkatkan aktivitas yang dapat meningkatkan kesadaran sekolah maupun masyarakat, dengan menyebar luaskan informasi yang berhubungan dengan HIV/AIDS dengan tujuan meminimalisir dampak peningkatan prevaensi HIV/AIDS khususnya pada remaja.

 

Kata Kunci : Pendidikan Kesehatan, Tingkat Pengetahuan, HIV AIDS, Remaja, Siswa

Referensi : 36 (2004-2014)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.