GAMBARAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DIRUANG RAWAT INAP RSUD SULTANSYARIF MOHAMAD ALKADRIE KOTA PONTIANAK

Eka Febriani .

Abstract


Latar Belakang : Komunikasi merupakan proses kompleks yang melibatkan perilaku yang
digunakan untuk berhubungan dengan orang lain dan dunia sekitarnya. Komunikasi yang
digunakan oleh perawat bersifat terapeutik yaitu komunikasi yang direncanakan dan dilakukan
bertujuan untuk membantu menyembuhkan dan pemulihan pasien. Seorang perawat yang memiliki
komunikasi yang baik dapat mempengaruhi tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan
dan meningkatkan citra diri profesi keperawatan.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan komunikasi terapeutik perawat
terhadap kepuasan pasien di ruang rawat inap RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota
Pontianak Tahun 2015.
Metodologi Penelitian : Desain penelitian ini survey analitik dengan rancangan cross sectional.
Sampel penelitian ini berjumlah 43 responden pasien dan 30 responden perawat. Alat ukur yang
digunakan adalah kuisioner. Analisis statistik yang digunakan analisis univariat.
Hasil : Hasil penelitian menunjukan penerapan komunikasi terapeutik perawat dan tingkat
kepuasan pasien di Ruang Rawat Inap RSUD Sultan Syarif Mohammad Alkadrie Kota Pontianak
sudah baik. Komunikasi terapeutik didapatkan hasil 83,3% dan kepuasan pasien 81,4%.
Kesimpulan : Gambaran komunikasi terapeutik dan tingkat kepuasan pasien sudah baik.
Kata Kunci : Komunikasi Terapeutik, Kepuasan pasien


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.