PERBANDINGAN RESPON NYERI PADA PROSEDUR KATETERISASI URIN PRIA DENGAN TEKNIK PENGOLESAN JELLY PADA KATETER DAN PENYEMPROTAN JELLY LANGSUNG KE DALAM URETHRA DI INSTALASI GAWAT DARURAT RSUD DR. SOEDARSO

Reza Dwi Prastia .

Abstract


Latar belakang: Eliminasi merupakan salah satu pemenuhan kebutuhan fisologis manusia. Terganggunya eliminasi menandakan terjadinya gangguan pada bagian sistem perkemihan sehingga menimbulkan ketidaknyamanan dalam kehidupan sehari – hari dan dapat mengganggu aktivitas. Pemasangan kateter urin merupakan suatu tindakan invasif dengan memasukkan selang ke dalam kandung kemih yang mana bertujuan untuk membantu dalam mengeluarkan urin. Tindakan ini dapat menyelamatkan kehidupan, khususnya bila saluran kemih tersumbat atau pasien tidak dapat melakukan pengeluaran urin.

Objektif: penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbandingan respon nyeri pada prosedur kateterisasi urin pria dengan teknik pengolesan jelly pada kateter dan penyemprotan jelly langsung ke dalam urethra.

Metode: jenis penelitian ini adalah eksperimen menggunakan desain quasi eksperimen. Jumlah sampel 20 responden yang dilakukan dengan accidental sampling. Analisa penelitian ini menggunakan uji independent t test.

Hasil: dari analisa mengetahui perbandingan respon nyeri pada prosedur kateterisasi urin pria dengan teknik pengolesan jelly pada kateter dan penyemprotan jelly langsung ke dalam urethra dengan menggunakan uji independen t test didapatkan hasil nilai p = 0,001 dimana nilai p < 0,05.

Kesimpulan: ada perbandingan respon nyeri pada prosedur kateterisasi urin pria dengan teknik pengolesan jelly pada kateter dan penyemprotan jelly langsung ke dalam urethra yang dimana kateterisasi urin dengan teknik penyemprotan jelly langsung ke dalam urethra menunjukan hasil yang lebih baik dalam mengurangi nyeri dibandingkan dengan teknik pengolesan jelly pada kateter.

Kata kunci: kateterisasi, jelly, respon nyeri

Referensi:  31 (1999-2014)


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.