PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL ANAK USIA PRASEKOLAH (3- 6 TAHUN) DI TK SWASTA KRISTEN IMMANUEL TAHUN AJARAN 2014-2015
Abstract
Latar Belakang : Dari 170 orang siswa yang berusia 3-6 tahun, ada sebanyak 166 orang anak di TK
Swasta Kristen Immanuel Pontianak yang menggunakan gadget. Dengan lamanya penggunaan gadget
30 menit hingga 5 jam perhari. Ini menyebabkan dari 170 anak, sebanyak 61 anak yang menurut
pengamatan orang tua dirumah, anak lebih menyenangi menggunakan gadgetnya dibanding bermain
dengan teman sebayanya.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gadget terhadap perkembangan
psikososial anak usia prasekolah (3-6 tahun) di TK Swasta Kristen Immanuel Pontianak tahun ajaran
2014-2015.
Metode : Jenis penelitian kuantitatif, survei deskriptif analitik dengan rancangan cross sectional.
Instrument penelitian berupa kuesioner dengan sampel sebanyak 95 responden.
Hasil : Uji chi square menunjukan nilai p=0,005 (p < 0,05). Nilai ini menyatakan bahwa ada pengaruh
penggunaan gadget terhadap perkembangan psikososial anak usia prasekolah (3-6 tahun).
Kesimpulan : Ada pengaruh penggunaan gadget terhadap perkembangan psikososial anak usia
prasekolah (3-6 tahun) di TK Kristen Immanuel tahun ajaran 2014-2015. Oleh sebab itu, sekolah
diharapkan dapat selalu memberikan kegiatan yang mampu menstimulus perkembangan psikososial
anak ketika berada dilingkungan sekolah. Kemudian orang tua diharapkan dapat mengontrol dan
mengawasi anak ketika penggunaan gadget dirumah.
Kata Kunci : Gadget, perkembangan psikososial, usia prasekolah
Referensi : 40 (2004-2015)
Swasta Kristen Immanuel Pontianak yang menggunakan gadget. Dengan lamanya penggunaan gadget
30 menit hingga 5 jam perhari. Ini menyebabkan dari 170 anak, sebanyak 61 anak yang menurut
pengamatan orang tua dirumah, anak lebih menyenangi menggunakan gadgetnya dibanding bermain
dengan teman sebayanya.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gadget terhadap perkembangan
psikososial anak usia prasekolah (3-6 tahun) di TK Swasta Kristen Immanuel Pontianak tahun ajaran
2014-2015.
Metode : Jenis penelitian kuantitatif, survei deskriptif analitik dengan rancangan cross sectional.
Instrument penelitian berupa kuesioner dengan sampel sebanyak 95 responden.
Hasil : Uji chi square menunjukan nilai p=0,005 (p < 0,05). Nilai ini menyatakan bahwa ada pengaruh
penggunaan gadget terhadap perkembangan psikososial anak usia prasekolah (3-6 tahun).
Kesimpulan : Ada pengaruh penggunaan gadget terhadap perkembangan psikososial anak usia
prasekolah (3-6 tahun) di TK Kristen Immanuel tahun ajaran 2014-2015. Oleh sebab itu, sekolah
diharapkan dapat selalu memberikan kegiatan yang mampu menstimulus perkembangan psikososial
anak ketika berada dilingkungan sekolah. Kemudian orang tua diharapkan dapat mengontrol dan
mengawasi anak ketika penggunaan gadget dirumah.
Kata Kunci : Gadget, perkembangan psikososial, usia prasekolah
Referensi : 40 (2004-2015)
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jpn.v3i1.11001
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal Visitors