PENGARUH TERAPI MUSIK KLASIK (MOZART) TERHADAP INTENSITAS NYERI HAID PADA REMAJA PUTRI DI SMA NEGERI 1 PONTIANAK TAHUN 2015

Dera Oktavia Liandary .

Abstract


Latar Belakang : Menstruasi merupakan tanda bahwa remaja putri telah memasuki masa pubertas. Salah satu masalah yang sering terjadi pada saat menstruasi  yaitu nyeri haid(dismenore). Nyeri haid (dismenore) dapat mengganggu aktivitas sehari-hari terutama dapat menurunkan konsentrasi belajar. Salah satu intervensi yang bisa dilakukan untuk menurunkan  nyeri haid (dismenore) adalah terapi nonfarmakologi yaitu terapi musik klasik (Mozart).

Tujuan : penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi musik klasik (Mozart) terhadap intensitas nyeri haid pada remaja putri di SMA Negeri 1 Pontianak Tahun 2015. Metodologi Penelitian : penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pre-experiment dengan jenis tipe one-group pretest posttest design terhadap 19 orang  remaja putri di SMA Negeri 1 Pontianak yang mengalami dismneore derajat sedang sampai berat. Analisa penelitian menggunakan uji T berpasangan.

Hasil : Dari analisa perubahan intensitas nyeri haid sebelum dan sesudah terapi musik klasik (Mozart) didapatkan hasil p=0,000, dimana nilai p<0,05.

Kesimpulan : Terapi musik klasik (Mozart) berpengaruh untuk menurunkan intensitas nyeri haid pada remaja putri di SMA Negeri 1 Pontianak tahun 2015.

Kata Kunci : Remaja, Nyeri Haid, Musik Klasik (Mozart)

 


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.