FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETIDAKPATUHAN IBU TERHADAP PELAKSANAAN IMUNISASI DASAR PADA BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SIANTAN TENGAH PONTIANAK 2014

Farwah Pratiwi .

Abstract


Latar belakang: Setiap tahunnya ada 10% bayi (sekitar 450.000 bayi) yang belum mendapat imunisasi, sehingga dalam 5 tahun ada sekitar 2 juta anak  yang belum mendapat imunisasi dasar lengkap. Dari 500 bayi di tahun 2013 diwilayah Puskesmas Siantan Tengah hanya terdapat 65 bayi yang mendapat imunisasi dasar lengkap.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi ketidakpatuhan ibu terhadap pelaksanaan imunisasi dasar pada balita di wilayah kerja Puskesmas Siantan Tengah.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitaif dengan rancangan pendekatan cross sectional. Jumlah responden sebanyak 81 orang. Analisis yang dilakukan menggunakan analisis univariat dan bivariat.

Hasil: Analisis bivariat yang digunakan adalah uji Chi-Square beserta dengan uji alternatifnya dan menunjukkan bahwa faktor yang memiliki hubungan terhadap pelaksanaan imunisasi dasar pada balita ialah faktor pendidikan dengan nilai p = 0,005 dan faktor pengetahuan dengan nilai p = 0,001.

Kesimpulan: Faktor yang mempengaruhi ketidakpatuhan ibu terhadap pelaksanaan imunisasi dasar pada balita adalah pendidikan dan pengetahuan.

 

Kata kunci: Imunisasi dasar, Faktor ketidakpatuhan

Referensi: 46 (1988-2014)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.