EFEKTIFITAS TERAPI AKUPRESUR TERHADAP FREKUENSI ENURESIS PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI KOTA PONTIANAK

Nabila Elvira .

Abstract


Latar Belakang: anak usia prasekolah ialah anak yang berusia 3-6 tahun. Pada periode ini seharunya anak telah melewati fase toilet training, dan apabila fase tersebut telah terlewati dan anak gagal dalam menjalankan fase tersebut maka akan terjadi gangguan tumbuh kembang yaitu enuresis. Enuresis termasuk masalah yang sering ditemukan pada anak-anak. Diperlukan penangan yang serius terhadap masalah tumbuh kembang ini, salah satunya dengan terapi komplementer Akupresur.

Tujuan: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas terapi akupresur terhadap frekuensi enuresis pada anak usia prasekolah di Kota Pontianak.

Metodologi Penelitian: penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian pre-ekperimental dengan rancangan One Group Pretest Postest design tanpa adanya kelompok kontrol. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 10 responden yang diberikan terapi Akupresur dalam satu kali perlakukan dengan durasi selama 15 menit. Analisis yang digunakan adalah menggunakan uji T berpasangan.

Hasil: hasil menunjukan frekuensi rata-rata sebelum diberikan terapi akupresur 4,9 kali per minggu dan frekuensi rata-rata setelah diberikan terapi akupresur yaitu 3,7 kali per minggu, dengan nilai significancy 0,017 (p<0,05). Nilai ini menyatakan bahwa terapi akupresur efektif terhadap frekuensi enuresis pada anak usia prasekolah di Kota Pontianak

Kesimpulan: terapi akupresur efektif terhadap frekuensi enuresis, adanya perbedaan frekuensi enuresis sebelum dan setelah diberikan intervensi.

Kata Kunci : Terapi Akupresur, enuresis, anak, prasekolah


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.