EKSISTENSI BADAN ARBITRASE NASIONAL INDONESIA PERWAKILAN PONTIANAK DALAM MENYELESAIKAN SENGKETA BISNIS DI KALIMANTAN BARAT

RIZKA AFRIANDITA EDMANDA - A01111007

Abstract


Arbitrase sebagai salah satu forum alternatif penyelesaian sengketa non litigasi sebenarnya memberikan h banyak manfaat, kemudahan serta fleksibiltas dalam hal penyelesaian sengketa bisnis. Namun disayangkan, hingga saat ini mayoritas masyarakat masih cenderung memilih peradilan umum sebagai forum penyelesaian sengketa yang mereka gunakan saat mengalami sengketa bisnis dan tidak menggunakan forum arbitrase untuk menyelesaikan permasalahan yang mereka hadapi. Untuk itu, penelitian ini penulis adakan dalam rangka menemukan jawaban atas rumusan masalah : “Mengapa eksistensi Badan Arbitrase Nasional Indonesia perwakilan Pontianak dalam menyelesaikan sengketa bisnis di Kalimantan Barat Belum Optimal?”.

Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian empiris dengan jumlah sampel dalam pengumpulan data adalah sebanyak 11 orang responden yang berasal dari kalangan pelaku usaha serta 1 orang Hakim arbiter pada lembaga BANI perwakilan Pontianak. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan untuk mengumpulkan fakta di lapangan adalah dengan pedoman wawancara serta lembar angket yang berisi daftar pertanyaan.

Selanjutnya dari hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa eksistensi lembaga BANI perwakilan Pontianak, belum optimal dalam menyelesaikan sengketa bisnis di Kalimantan Barat disebabkan kurangnya sosialisasi kelembagaan mengenai alternatif penyelesaian sengketa bisnis khususnya arbitrase serta mengenai lembaga BANI itu sendiri kepada masyarakat luas. Sehingga menyebabkan masih banyak masyarakat yang belum mengenal seluk beluk forum arbitrase serta lembaga BANI itu sendiri. Sedangkan upaya untuk meningkatkan eksistensi BANI di tengah masyarakat khususnya pelaku bisnis adalah dengan melakukan sosialisasi, seminar serta hubungan kerjasama antara BANI dengan berbagai instansi terkait.

Keyword : Sengketa, Bisnis, Arbitrase


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered By : Team Journal - Faculty of Law - Tanjungpura University 2013