PELANGGARAN BERAT HAK ASASI MANUSIA DALAM KONFLIK DI SURIAH

KARYONO - A01110072

Abstract


Skripsi ini menganaslisa pelanggaran berat hak asasi manusia (HAM) yang terjadi di Suriah dalam kurun waktu  terjadinya Arab Spring 2011 hingga saat ini. Kerusuhan antara pemerintah Suriah dan penduduk sipil di mana pemerintah Suriah diidentifikasikan telah melakukakn pelanggaran berat hak asasi manusia (HAM) berupa genosida dan kejahatan terhadap kemanusiaan dengan cara melakukan tindakan-tindakan sewenang-wenang terhadap penduduk sipil, penyiksaan, pembunuhan, penangkapan, serta penggunaan senjata kimia. Pelanggaran berat hak asasi manusia (HAM) dilakukan melalui Pasukan Keamanan, unit-unit khusus Militer, Badan-badan Intelijen di bawah kendali Pimpinan/Komando, hal ini dilakukan pemerintah Suriah disebabkan untuk meredam kerusuhan yang terjadi. Akan tetapi upaya pemerintah Suriah tersebut gagal mengantisipasi kerusuhan dan konflik yang lebih besar, sehingga timbul kekerasan bersenjata antara pemerintah dan penduduk sipil yang kemudian mengakibatkan terjadinya pelanggaran berat hak asasi manusia (HAM).

Tujuan dari penulisan ini pertama untuk mengetahui bentuk pelanggaran berat hak asasi manusia (HAM) di Suriah, kedua untuk mengetahui mekanisme penyelesaian pelanggaran berat hak asasi manusia (HAM) dalam konflik di Suriah. Metode penelitian yang digunakan penulis bersifat yuridis normatif yaitu penelitian yang dilakukakn dengan cara meneliti bahan pustaka atau data sekunder secara tidak langsung yang kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif.

Penyelesaian pelanggaran berat hak asasi manusia (HAM) berupa penyelesaian secara damai dengan melakukan perundingan maupun negosiasi (secara politik) antara pihak pemerintah Suriah dan oposisi telah dilakukan melalui organisasi regional (Liga Arab) maupun organisasi internasional (PBB). Upaya untuk menyelesaikan kekerasan bersenjata dan pelanggaran berat hak asasi manusia (HAM) nampak jelas ketika PBB mengeluarkan beberapa resolusi terkait krisis di Suriah. Disamping hal tersebut, perlu pula untuk mengadili pelaku pelanggaran berat hak asasi manusia (HAM) di Suriah sebagai bentuk pertanggung-jawaban terhadap pelanggaran tersebut.

Keywords : Pelanggaran Berat HAM, Penyelesaian Pelanggaran HAM

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered By : Team Journal - Faculty of Law - Tanjungpura University 2013