WANPRESTASI DALAM MEMBAYAR UANG KEBERSIHAN PADA PETUGAS OLEH WARGA DI KOMPLEK PERMATA AMPERA II PONTIANAK

ICHA HANDAYANI - A01112167

Abstract


Skripsi ini berjudul :” WANPRESTASI DALAM MEMBAYAR UANG KEBERSIHAN PADA PETUGAS OLEH WARGA DI KOMPLEK PERMATA AMPERA II PONTIANAK”. Masalah yang diteliti “Faktor Apa Yang Menjadi Penyebab Warga Belum Melaksanakan Kewajibannya Membayar Uang Kebersihan Pada Petugas di Komplek Permata Ampera II Pontianak?”. Metode yang digunakan Empiris yaitu suatu penelitian yang berasal dari kesenjangan antara teori dengan kehidupan nyata yang menggunakan hipotesis, landasan teoritis, kerangka konsep, data sekunder dan data primer.Perjanjian untuk melakukan jasa jasa tertentu, yaitu perjanjian yang mana salah satu pihak menghendaki dari pihak lawan untuk dilakukannya suatu pekerjaan berupa jasa tertentu yang merupakan suatu keahlian, untuk mencapai suatu tujuan yang mana dia bersedia membayar upah. Jika dalam pelaksanaan perjanjian jasa tidak terlaksananya prestasi sesuai dengan yang telah di sepakati  maka para pihak telah wanprestasi. Perjanjian jasa bersifat konsensuil yang dapat terjadi baik dengan perjanjian tertulis maupun lisan. Salah satu bentuk perjanjian jasa tertentu adalah jasa kebersihan antara warga Komplek Permata Ampera II Pontianak dan Petugas Kebersihan. Dalam perjanjian jasa kebersihan di Komplek Permata Ampera II Pontianak, Warga sebagai pengguna jasa dan petugas kebersihan adalah sebagai penyedia jasa. Berlaku penerapan perjanjian ini secara lisan. Diterapkannya bentuk perjanjian secara lisan ini bukan berarti para pihak boleh mengingkari isi perjanjian yang telah disepakati oleh kedua belah pihak, akan tetapi sebaliknya para pihak untuk melaksanakan pretasi dengan penuh tanggung jawab. Dalam pelaksanaannya ternyata masih ada warga Komplek Permata Ampera II Pontianak yang yang melakukan wanprestasi dalam hal pembayaran uang kebersihan Dapat diketahui bahwa faktor yang menyebabkan warga Komplek Permata Ampera II Pontianak wanprestasi dalam hal pembayaran uang kebersihan di karenakan ada warga yang belum menerima gaji saat petugas datang menagih, ada pula yang beralasan sibuk serta memiliki kebutuhan mendesak sehingga mengesampinngkan kewajibannya tersebut. Adapun upaya yang dilakukan oleh pihak petugas kebersihan terhadap warga Komplek Permata Ampera II Pontianak yang wanprestasi dalam melakukan pembayaran uang kebersihan adalah dengan cara, diberiakannya teguran, serta memberikan kesempatan perpanjangan waktu pembayaran uang kebersihan

Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian empiris dengan pendekatan deskriptif analisis, yaitu dengan menggambarkan dan menganalisis keadaan atau fakta fakta yang diperoleh dari lapangan pada saat penelitian dilakukan.

Dapat diketahui bahwa faktor yang menyebabkan warga Komplek Permata Ampera II Pontianak wanprestasi dalam hal pembayaran uang kebersihan di karenakan ada warga yang belum menerima gaji saat petugas datang menagih, ada pula yang beralasan sibuk serta memiliki kebutuhan mendesak sehingga mengesampinngkan kewajibannya tersebut.

Adapun upaya yang dilakukan oleh pihak petugas kebersihan terhadap warga Komplek Permata Ampera II Pontianak yang wanprestasi dalam melakukan pembayaran uang kebersihan adalah dengan cara, diberiakannya teguran, serta memberikan kesempatan perpanjangan waktu pembayaran uang kebersihan dan upaya trakhir yang dilakukan oleh petugas kebersihan kepada warga yang kembali melalaikan kewajibannya adalah petugas kebersihan tak lagi melayani warga dalam hal pengangkutan sampah.

Kata kunci: Wanprestasi, Perjanjian Jasa


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered By : Team Journal - Faculty of Law - Tanjungpura University 2013