KEWAJIBAN PENYEWA MELAKSANAKAN PEMBAYARAN UANG SEWA DENGAN PENGELOLA GEDUNG INDOOR APANG SEMANGAI KABUPATEN SINTANG

ARISTA SANDY - A01112191

Abstract


Dalam perjanjian sewa menyewa gedung Indoor Apang Semangai di lakukan secara lisan di mana masing-masing pihak harus memiliki kesadaran untuk memenuhi segala hak dan kewajibannya atas dasar itikad baik.

Metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode empiris yaitu dengan mengungkapkan data dari hasil penelitian yang menggambarkan serta menganalisis data yang diperoleh pada saat melakukan penelitian, dengan menggunakan pendekatan deskriftif analisis, dan bentuk penelitian lapangan dan kepustakaan.

Salah satu kewajiban pihak penyewa adalah membayar uang sewa gedung, selain itu penyewa berhak menggunakan gedung Indoor Apang Semangai tersebut sesuai dengan peruntukannya. Di lain pihak, pihak yang menyewakan gedung Indoor Apang Semangai juga memiliki kewajiban yang harus di perhatikan yaitu mengusahakan agar gedung Indoor Apang Semangai yang disewakan tersebut berada dalam keadaan baik dan siap untuk dipergunakan pada saat diberikan kepada pihak penyewa. Serta yang menyewakan berhak untuk menerima sejumlah uang sesuai dengan harga sewa yang telah di tentukan dalam surat izin penyewaan. Apabila salah satu pihak tidak melaksanakan kewajibannya maka pihak lain berhak untuk menuntut pelaksanaan prestasi itu.

Dalam pelaksanaan sewa menyewa antara penyewa dengan pengelola gedung Indoor Apang Semangai Kabupaten Sintang ternyata masih ada penyewa gedung Indoor Apang Semangai yang melakukan wanprestasi dalam melaksanakan kewajibannya membayar uang sewa gedung. Faktor penyebab wanprestasi dalam perjanjian sewa menyewa gedung Indoor Apang Semangai oleh penyewa disebabkan karena pihak penyewa lupa/lalai dan masalah keuangan.

Keyword: -

Full Text:

Untitled () PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered By : Team Journal - Faculty of Law - Tanjungpura University 2013