ANALISIS YURIDIS PUTUSAN NOMOR : 11/PDT.G/2012/PN.MPW TENTANG PERBUATAN MELAWAN HUKUM PEMBELI DALAM JUAL BELI RUMAH DI PERUMAHAN RAYA INDAH SUNGAI RAYA DALAM

TENIA NURWIANI FEBRIANA - A1011131206

Abstract


Dewasa ini banyak terdapat permasalahan dalam masyarakat. Permasalahan itu dapat terjadi dalam jual beli rumah beserta tanah, baik yang ditimbulkan oleh penjual maupun pembeli. Salah satu kasusnya adalah Developer/Penjual Perumahan Raya Indah, Robert Roesmadi sebagai pihak Penggugat menjual satu unit rumah tinggal di Jalan Sungai Raya Dalam Gang Raya 2 Perumahan Raya Indah Blok D Nomor I Kabupaten Kubu Raya kepada Pembeli, Eddy Susanto sebagai pihak Tergugat. Sebagai tanda jadi membeli tanah beserta rumah milik Penjual, Pembeli membayar uang muka pada tanggal 06 Februari 2003. Sedangkan untuk selanjutnya pembayaran melalui penjualan kredit di PT. Bank Tabungan Negara (BTN) dengan jangka waktu dan suku bunga yang telah ditentukan oleh pihak Bank. Pada waktu yang telah ditentukan untuk menandatangani Perjanjian Kredit/Akad Kredit, pihak Penjual menyerahkan kunci rumah kepada Pembeli. Namun pada saat akan dilakukannya tandatangan Perjanjian Kredit/Akad Kredit, Pembeli tidak mau menandatangani Perjanjian Kredit/Akad Kredit dan langsung meninggalkan Penjual dan pihak Bank sambil membawa kunci rumah milik Penjual. Selain itu, Pembeli beserta keluarganya telah mendiami atau menempati tanah beserta rumah milik Penjual tersebut selama 9 (Sembilan) tahun lewat 3 (tiga) bulan tanpa ada melunasi pembelian tanah beserta rumah milik Penjual, pembeli memindahkan letak WC dan pembeli juga merenovasi rumah tersebut. Penjual merasa dirugikan oleh pembeli, pembeli tidak juga melunasi harga pembelian rumah. Penyelesaian melalui cara musyawarah atau kekeluargaan tidak membuahkan hasil sehingga penjual menempuh jalur hukum yaitu mengajukan gugatan ke Pengadilan Negeri yang berwenang yaitu Pengadilan Negeri Mempawah. Adanya perbuatan dari pembeli yang merugikan penjual dan terpenuhinya unsur-unsur perbuatan melawan hukum sehingga Majelis hakim Pengadilan Negeri Mempawah dalam putusannya menyatakan bahwa pembeli telah melakukan perbuatan melawan hukum.

Dalam penulisan ini, penelitian yang penulis pergunakan adalah metode penelitian yuridis normatif yaitu meneliti dan menganalisa Putusan Nomor : 11/PDT.G/2012/PN.MPW.

Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :

  1. Untuk dapat mengetahui suatu perbuatan yang termasuk perbuatan melawan hukum dari suatu gugatan yang ada.
  2. Untuk mengetahui dalam hal Majelis Hakim Pengadilan Negeri Mempawah menyelesaikan atau memutuskan perkara/gugatan yang diajukan oleh Penggugat.

 

 

Keywords : Rumah, Jual Beli, Perbuatan Melawan Hukum.

 


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered By : Team Journal - Faculty of Law - Tanjungpura University 2013