KESIAPAN PEMERINTAH DESA PIPITTEJA KECAMATAN TELUK KERAMAT KABUPATEN SAMBAS DALAM MENGIMPLMENTASIKAN PASAL 26 AYAT 1 UU NO 06 TAHUN 2014 TENTANG DESA

WAHYUDI - A011110074

Abstract


Wahyudi: Kesiapan Pemerintah Desa Pipitteja Kecamatan Teluk Keramat Kabupaten Sambas Dalam Mengimplementasikan pasal 26 ayat (1) Undang – undang No 06 Tahun 2014 TentangDesaPasal. Skripsi Pontianak: Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Kesiapan Pemerintah Desa Pipitteja Kecamatan Teluk Keramat Kabupaten Sambas Dalam Mengimplementasikan Pasal 26 ayat (1) Undang – undang No 06 Tahun 2014 Tentang Desa. Judul skripsi diangkat berdasarkan permasalahan kesiapan pemerintah desa terhadap jalannnya undang – undang terbaru.

Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologis empiris. Adapun untuk teknik pengumpulan datanya yaitu menggunakan observasi, wawancara, kursioner dan dokumentasi. Kemudian untuk  analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Lokasi penelitian di Desa Pipitteja Kecamatan Teluk Keramat Kabupaten Sambas. Subjek Penelitian adalah, Kepala Desa beserta Perangkat Desa Pipitteja, Tokoh masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan BPMPD.

Kesimpulan dalam penelitian ini adalah lemahnya kinerja, kesiapan kepala desa serta lemahnya SDM pada pemerintah desa untuk membantu kepala desa dalam melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan, pembinaan kemasyarakatan desa, pemberdayaan masyarakat desa serta pembangunan desa sehingga aparatur desa  dalam menjalankan tugas dan fungsinya dinilai lemah oleh masyarakat.

Untuk itu rekomendasinya adalah diharpkan kepada kepala desa pipitteja untuk lebih meningkatkan sosialisasi, komunikasi dan interaksi kepada seluruh masyarakat desa pipitteja sehingga mampu menyerap, dam menampung  aspirasi masyarakat desa, dan memberikan jalan keluar bagi mereka yang berkeluh kesah didalam permasalahan yang ada pada pemerintahan desa. SDM pada aparatur desa harus lebih ditingkatkan lagi, untuk mempermudah pemerintahan desa yang maju dan sesuai pada visi dan misi desa.

 

Keyword : Kesiapan Pemerintah Desa, Implementasi UU NO 06 Tahun 2014 Tentang Desa Pasal 26 ayat (1).


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered By : Team Journal - Faculty of Law - Tanjungpura University 2013