PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP KINERJA PEGAWAI PENGELOLA KEUANGAN DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS TANJUNGPURA PONTIANAK

SYARIF ZULKIFLI B2041131036

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual baik secara parsial maupun simultan terhadap kinerja pegawai. Populasi yang di jadikan objek penelitian ini adalah pegawai pengelola keuangan di lingkungan Universitas Tanjungpura Pontianak dengan sampel sebanyak 60 pegawai, yang terdiri dari pegawai dengan status pegawai negeri sipil dan honorer.

Metode penelitian dilakukan dengan bentuk survey yang menggunakan sintrumen penelitian berbentuk kuisioner untuk mendapatkan data primer dari responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional secara parsial memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pegawai. Sedangkan kecerdasan spriritual memiliki pengaruh namun tidak signifikan terhadap kinerja. Secara simultan ketiga kecerdasan tersebut memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pegawai.

Kata Kunci : Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Kinerja Pegawai.

Full Text:

PDF Untitled ()

Refbacks

  • There are currently no refbacks.