PENGARUH BUDAYA PERUSAHAAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PT. ANTAM (Persero) Tbk UNIT BISNIS PERTAMBANGAN BAUKSIT TAYAN

MARTINUS MARONO B11212147

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan manganalisis : (1) apakah budaya perusahaan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pada PT.Antam (Persero) Tbk Unit Bisnis Pertambangan Bauksit Tayan,(2) apakah motivasi kerja secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pada PT.Antam (Persero) Tbk Unit Bisnis Pertambangan Bauksit Tayan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan metode survei. Populasi penelitian sebanyak 104 orang dan dilakukan penarikan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling sehingga sampel penelitian berjumlah 51 orang. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda menggunakan program SPSS (Statistical Programe of Social Sience) versi 16,00 dengan skala pengukuran ordinal dan skala Likert’s. Pengujian hipotesis secara parsial dengan menggunakan uji t.dengan  tingkat signifikan (α=0,05).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Budaya Perusahaan dengan nilai-nilai “Pioneer” culture pada PT.Antam (Persero) Tbk Unit Bisnis Pertambangan Bauksit Tayan sudah dilaksanakan oleh seluruh pegawai dengan mengutamakan perinsip profesionalisme, integritas, global menthality, harmony, excelent,dan reputasi dalam mencapai sasaran kerja.  Demikian  juga  bahwa motivasi untuk berprestasi, motivasi untuk berafiliasi dan motivasi untuk kekuatan berpengaruh nyata terhadap kinerja pegawai pada PT.Antam (Persero) Tbk Unit Bisnis Pertambangan Bauksit Tayan.Melalui uji Regresi Linear Berganda, ditemukan bahwa nilai konstanta sebasar 63,176 artinya tanfa adanya pengaruh budaya perusahaan dan motivasi kerja maka kinerja pegawai pada PT. Antam (Persero) Tbk Unit Bisnis Pertambangan Bauksit Tayan sudah ada atau sudah dilaksanakan sesuai kebutuhan kerja perusahaan. Nilai kinerja akan naik apabila budaya perusahaan dan motivasi kerja ditingkatkan. Nilai koefisien regresi untuk budaya perusahaan adalah sebesar 0,575 lebih besar dari pada koefisien regresi untuk motivasi kerja sebesar 0,374. Hai ini menunjukkan bahwa budaya perusahaan dan motivasi kerja memiliki pengaruh yang signifikant terhadap kinerja pegawai di PT.Antam (Persero) Tbk UBP Bauksit Tayan.Hasil perhitungan koefisien determinasi total menunjukkan bahwa R Square sebesar 0,455,ini artinya bahwa kinerja pegawai pada PT.Antam (Persero) Tbk UBP Bauksit Tayan dipengaruhi oleh faktor budaya perusahaan dan motivasi kerja sebesar 45,50% dan sisanya sebesar 54,50% dipengaruhi oleh faktor lain.

Kata kunci : Budaya Perusahaan, Motivasi dan Kinerja (Ferpormance) Pegawai

Full Text:

PDF Untitled ()

Refbacks

  • There are currently no refbacks.