PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA PT. ASURANSI JIWASRAYA (PERSERO) KANTOR PERWAKILAN SINGKAWANG

NININ SUTININGRUM B11211158

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas nasabah pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Kantor Perwakilan Singkawang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Diperoleh jumlah sampel sebanyak 94 responden. Teknik analisa data yang digunakan adalah regresi linier berganda untuk mengetahui hubungan yang mengungkapkan pengaruh antara variabel independen terhadap variabel dependen dengan menggunakan SPSS versi 17.0. Selama periode pengamatan menunjukan bahwa data penelitian berdistribusi normal. Berdasarkan uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolimearitas, dan uji validitas dan realibilitas tidak ditemukan variabel yang menyimpang dari asumsi klasik. Hal ini menunjukan data yang tersedia telah memenuhi syarat menggunakan model persamaan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel harga negatif, dan tidak menunjukan pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas. Variabel produk, proses dan orang berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas. Variabel tempat, promosi, kondisi fisik berpengaruh positif dan tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas. Kemampuan prediksi dari ketujuh variabel tersebut terhadap loyalitas dalam penelitian ini sebesar 97,3%, sedangkan sisanya 27,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor  lain yang tidak dimasukan kedalam penelitian.

Kata Kunci  :  Bauran Pemasaran, PT. Asuransi Jiwasraya (Persero), Loyalitas Pelanggan

Full Text:

PDF Untitled ()

Refbacks

  • There are currently no refbacks.