ANALISIS KINERJA KEUANGAN PADA PT BANK UOB BUANA SEBELUM DAN SESUDAH DI AKUISISI OLEH UNITED OVERSEAS BANK INTERNATIONAL INVESTMENT PRIVATE LIMITED

Suryadi Sanjaya Limbung B11211072

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja perusahaan pasca akuisisi dan pengaruh kepemilikan asing terhadap kinerja keuangan perusahaan. Studi ini adalah studi kasus dengan objek PT UOB Buana dengan periode penelitian dari 2004 sampai dengan 2011. Investor asing mulai diperkenankan membeli saham perusahaan ini pada tahun 2006.

Penilaian kinerja keuangan dilakukan dengan menggunakan 13 rasio keuangan, yaitu: Net Interest Margin (NPM), Return on Assets (ROA), Return on Equity (ROE), Cost to Income (BOPO), Loan to Deposit Ratio (LDR), Non Performing Loan (NPL), Penyisihan Kerugian Kredit terhadap Kredit Bermasalah, Loan to Asset Ratio (LAR), Cash Ratio (CR), Reserve Requirement (RR), Debt to Equity Ratio (DER), and Long Term Debt to Assets Ratio (LDA).

Hasil dari pengujian Paired Sample t-Test menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan untuk semua rasio keuangan sebelum dan sesudah akuisisi pada periode pengamatan dan pengujian. Hasil ini mengindikasikan bahwa akuisisi tidak memberikan perbedaan atau perbaikan yang signifikan pada kinerja keuangan dari perusahaan PT Bank UOB Buana.

Kata Kunci : Merger dan Akuisisi, Kinerja Keuangan, Rasio Keuangan, Paired Sample T Test.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.