Analisi Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Telkomsel Pontianak Kalimantan Barat

WULAN PURNAMA SARI B11212096

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan PT Telkomsel Pontianak. Sampel yang diambil adalah seluruh karyawan organik (karyawan tetap) dan karyawan non organik (tidak tetap) yang berjumlan 49 orang. Dalam penelitian ini menggunakan alat uji statistik SPSS 17.0, teknik analisis Regresi Linier Multiple, dengan F test dan T test untuk menguji variabel independent terhadap variabel dependent. Tingkat signifikasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 0,05.

Untuk pengaruh kepuasan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan PT Telkomsel Pontianak bahwa berdasarkan hasil regresi, diperoleh bahwa : (1) secara Goodness of fit model (Uji F) , variabel-variabel independen mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 , maka Ha diterima pada tingkat kesalahan a= 5 %. (2) secara parsial variabel kepuasan kerja (X1 ) dan motivasi kerja (X2) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan, dengan nilai signifikansi adalah 0,001 < 0,05 untuk variabel kepuasan kerja, sedangkan untuk variabel motivasi kerja dengan nilai signifikansinya adalah 0,035 < 0,05.

Dari penelitian ini, Adjusted R Square sebesar 0,270 artinya 27 % variable kinerja karyawan PT Telkomsel Pontianak dapat diterangkan oleh kepuasan kerja (X1) dan motivasi kerja (X2) sedangkan sisanya sebesar 73 % diterangkan faktor-faktor lain di luar model penelitian .

Kata Kunci : Kepuasan kerja, Motivasi kerja dan Kinerja Karyawan


Full Text:

PDF Untitled ()

Refbacks

  • There are currently no refbacks.