PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR DAN KINERJA PEGAWAI DINAS KESEHATAN KOTA PONTIANAK

Rifka B11212171

Abstract


Abstrak

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh budaya organisasi terhadap organizational citizenship behavior dan kinerja pegawai Dinas Kesehatan Kota Pontianak. Teknik sampling menggunakan metode sensus sehingga diperoleh jumlah populasi adalah 93 orang maka seluruh populasi dijadikan sebagai sampel, pengumpulan data menggunakan kuisioner dan wawancara. Sedangkan untuk teknik analisis menggunakan pengujian statistik dengan path analisis.

Hasil dari penelitian ini adalah budaya organisasi yang secara langsung menentukan perubahan-perubahan terhadap kenerja pegawai adalah 36,80% dan yang dilalui hubungan dengan organizational citizenship behavior sebesar 11,60% dengan demikian secara total budaya organisasi menentukan perubahan kinerja pegawai sebesar 48,4% artinya cukup kuat memberikan pengaruh atau perubahan terhadap kinerja pegawai. Secara total 20,90% dari perubahan kinerja pegawai merupakan pengaruh organizational citizenship behavior, dengan perincian 9,30% adalah pengaruh langsung dan 11,60% pengaruh melalui hubungan dengan budaya organisasi. Budaya organisasi dan organizational citizenship behavior secara bersama-sama mempengaruhi kinerja pegawai sebesar 69,30%. Besarnya pengaruh secara proporsional yang disebabkan oleh variabel lain di luar budaya organisasi dan organizational citizenship behavior.

 

Kata Kunci

:

Budaya organisasi dan organizational citizenship behavior dan Kinerja Pegawai.


Full Text:

PDF Untitled ()

Refbacks

  • There are currently no refbacks.