ANALISIS FAKTOR–FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA BIDAN DALAM MENEKAN ANGKA KEMATIAN IBU DAN BAYI PADA PUSKESMAS DI KABUPATEN SAMBAS

Rita Ahie B11212052

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh faktor-faktor (pengetahuan, kemampuan, bakat, sikap, dan tingkah laku) secara parsial dan simultan  terhadap kinerja bidan dalam menekan angka kematian ibu dan bayi pada Puskesmas di Kabupaten Sambas. Sampel dalam penelitian ini  berjumlah 100 orang yang terdiri dari bidan kontrak 32 orang, bidan PTT 68 orang, bidan PNS 222 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.

 

Berdasarkan hasil analisis data, faktor-faktor (pengetahuan, kemampuan, bakat, sikap, dan tingkah laku) parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja bidan. Nilai koefisien determinasi (R2) adalah 0,752 atau sebesar 75,2% yang menunjukkan variabel kinerja bidan dapat dijelaskan oleh variabel independen faktor-faktor (pengetahuan, kemampuan, bakat, sikap, dan tingkah laku), sedangkan sisanya sebesar  24,8% dijelaskan oleh variabel lain.

 

 

Kata Kunci: Pengetahuan, Kemampuan, Bakat, Sikap, dan Tingkah Laku, Kinerja Bidan


Full Text:

PDF Untitled ()

Refbacks

  • There are currently no refbacks.