ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PERUMAHAN TYPE 36 (Studi Komparatif Pada Penghuni Komplek Perumahan Type 36 di Kabupaten Kubu Raya)

Ramadan B11211120

Abstract


ABSTRAK

Keberhasilan usaha dalam hal ini diindikasikan dalam lima hal yaitu jumlah penjualan meningkat, hasil produksi meningkat, keuntungan atau profit bertambah, perkembangan dan pertumbuhan usaha berkembang cepat dan memuaskan. Maka perusahaan harus memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen yaitu fokus pada empat aspek yaitu produk, tempat, harga dan proses, sehingga mampu memberikan kepuasan kepada konsumen. Maka penelitian ini memfokuskan pada analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian perumahan type 36 di Kabupaten Kubu Raya.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah produk, harga, tempat dan proses mempengaruhi keputusan pembelian perumahan type 36 pada konsumen penghuni komplek perumahan Hosana Griya dan komplek perumahan Lantang Tipo. Teknik sampling menggunakan metode sampling purposif sehingga diperoleh jumlah populasi adalah 100 orang maka seluruh populasi dijadikan sebagai sampel, pengumpulan data menggunakan kuisioner dan wawancara. Teknik analisis menggunakan pengujian statistik dengan uji regresi berganda.

Hasil dari penelitian ini adalah Kondisi perumahan yang dikembangkan oleh developer atau secara pribadi terdiri dari beberapa tipe perumahan. Bentuk perumahan yang dikembangkan di Kabupaten Kubu Raya sebagian besar berupa perumahan buatan yang dikembangkan oleh para developer. Sehingga dalam pembentukan perumahan para developer menyiapkan sarana dan prasaran yang menunjang perumahan tersebut. Selain itu perumahan yang dikembangkan di Kabupaten Kubu raya merupakan perumahan permanan dengan rata-rata tipe antara 36 sampai 45. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa variabel produk, harga dan tempat berpengaruh terhadap keputusan pembelian perumahan dengan nilai probabilitas lebih kecil dari 0,05 sebesar 0,000, 0,029 dan 0,013, sedangkan variabel proses tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian perumahan dengan nilai probabilitas sebesar 0,533.

Kata Kunci : Produk, Harga, Tempat, Proses dan Keputusan Pembeli


Full Text:

PDF Untitled ()

Refbacks

  • There are currently no refbacks.