ANALISIS PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI UNIT LATIHAN KERJA INDUSTRI PROVINSI KALIMANTAN BARAT

Mangasi Pasaribu B11212060

Abstract


ABSTRAK

Pengaruh Kepuasan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Unit Latihan Kerja Industri Provinsi Kalimantan Barat. Dibimbing oleh Dr. Titik Rosnani, SE. MSi. dan Wahyu Laksana, SE. MS.

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan apakah variabel Kepuasan Kerja dan Motivasi Kerja berpengaruh secara signifikan terhadap Kinerja Pegawai Unit Latihan Kerja Industri Provinsi Kalimantan Barat serta untuk mengetahui variabel manakah yang berpengaruh secara dominan diantara dua variabel Kepuasan Kerja dan Motivasi Kerja terhadap pegawai Unit Latihan Kerja Industri Provinsi Kalimantan Barat.

Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pengawai Unit Latihan Kerja Industri Provinsi Kalimantan Barat yang berjumlah 40 orang. Penelitian ini menggunakan metode sensus yaitu dengan memberikan kuesioner pada seluruh populasi yang berjumlah 40 orang yang terdiri dari seluruh pegawai Unit Latihan Kerja Industri Provinsi Kalimantan Barat. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode kuesioner yaitu dengan memberikan daftar pertanyaan kepada responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan software SPSS ( Statistics Program for Social Science )

Hasil penelitian menunjukkan, bahwa secara parsial variabel kepuasan kerja dan motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. Besarnya hubungan variabel kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai sebesar 0,339 atau 33,9 %. Besarnya hubungan variabel motivasi kerja  terhadap kinerja pegawai yaitu 0,387 atau 38,7 %.

Kata Kunci : Kepuasan Kerja, Motivasi Kerja dan Kinerja Pegawai


Full Text:

PDF Untitled ()

Refbacks

  • There are currently no refbacks.