DAMPAK INTERNAL MARKETING PADA PENGARUH KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA CU PRIMER DI BAWAH NAUNGAN PUSKOPDIT KHATULISTIWA (PUSKHAT)

Herlina B11212038

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak internal marketing pada pengaruh kualitas jasa terhadap kepuasan anggota CU Primer di bawah naungan Puskopdit Khatulistiwa (Puskhat).

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan riset kausal. Teknik pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas dengan analisis faktor, uji reliabilitas dengan cronbach alpha, analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji-t dan uji-f  untuk menguji dan membuktikan hipotesis penelitian. Data yang dikumpulkan diuji validitas dengan menggunakan analisis faktor dan diuji untuk keandalan dengan koefisien alpha (cronbach alpha), dimana hasilnya semua data dinyatakan valid dan reliabel. Hasil analisis dan pembahasan menunjukkan bahwa : (1) internal marketing membagi 8 CU Primer kedua bagian yaitu 5 CU Primer masuk ke kategori baik dan 3 CU Primer masuk ke kategori belum baik (2) reliability berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan anggota (3) responsiveness berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan anggota (4) assurance berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan anggota (5) emphaty berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan anggota (6) tangibles berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan anggota.

Kata kunci: Internal Marketing, Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty, dan Tangibles


Full Text:

PDF Untitled ()

Refbacks

  • There are currently no refbacks.