PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU WANITA PEKERJA DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE DI KOTA PONTIANAK

Eni Kurniawati B11212085

Abstract


Perkembangan teknologi saat ini membawa masyarakat kepada perubahan-perubahan kehidupan ke arah yang lebih baik. Salah satu dari perkembangan kebutuhan konsumen terhadap teknologi informasi adalah kebutuhan konsumen akan perangkat internet yang bisa mengakses email tanpa perlu masuk ke web, dan ini dijawab oleh telepon pintar (smartphone).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan media sosial dan gaya hidup dengan setiap tahap proses keputusan pembelian dan untuk mengetahui pengaruh media sosial dan gaya hidup wanita pekerja dalam pengambilan keputusan pembelian smartphone. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Yang menjadi objek penelitian adalah wanita pekerja dengan sampel sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi kanonikal dan analisis regresi berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara media sosial dan gaya hidup dengan setiap tahap proses keputusan pembelian menunjukkan variasi. Media sosial dan gaya hidup secara bersama-sama (simultan) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara parsial, variabel media sosial dan gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian.

Kata Kunci : Media Sosial, Gaya Hidup, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF Untitled ()

Refbacks

  • There are currently no refbacks.