ANALISIS PENGARUH CUSTOMER VALUE TERHADAP SIKAP DAN DAMPAKNYA PADA LOYALITAS PELANGGAN (Survei Pada Hotel Shafira Di Kota Sanggau)

SYLVIEZA HANDAYANI B11211126

Abstract


Persaingan dalam dunia usaha semakin ketat. Banyak usaha yang mengalami kemunduran akibat tidak mampu bersaing dengan usaha lainnya. Setiap kegiatan usaha harus memiliki keunggulan yang khas agar bisa memenangkan persaingan yang semakin ketat tersebut. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi kemampuan bersaing yang harus dimiliki oleh perusahaan untuk bisa memenangkan persaingan. Salah satu faktor yang terpenting adalah pelanggan. Hal tersebut dikarenakan pelanggan merupakan tujuan utama dari pelaku kegiatan usaha. Dengan demikian pelaku usaha menginginkan memiliki pelanggan yang loyal untuk dapat membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan pelaku usaha kepada pelanggannya. Maka penelitian ini memfokuskan pada customer value terhadap sikap dan loyalitas pelanggan pada hotel shafira di kota sanggau.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah pengaruh customer value terhadap sikap dan dampak pada loyalitas pelanggan yang berlokasi pada hotel shafira di kota sanggau. Teknik sampling menggunakan sampling purposif  sehingga diperoleh 100 responden dari pelanggan, pengumpulan data menggunakan kuisioner dan wawancara. Sedangkan untuk teknik analisis menggunakan pengujian statistik dengan uji regresi berganda.

Hasil dari penelitian ini adalah dapat diketahui bahwa sikap pelanggan akan mengalami peningkatan dengan memperhatikan komponen seperti  fungsional value dan emosional value dimana dengan meningkatnya kedua komponen tersebut, kecenderungan akan memberikan dampak terhadap loyalitas pelanggan. Hasil rata-rata tanggapan responden terhadap variabel fungtional value sebesar 3,83, rata-rata tanggapan responden terhadap variabel emotional value sebesar 3,90 dan rata-rata tanggapan responden terhadap variabel sikap sebesar 3,91 yang berada dalam kategori tinggi. Sedangkan rata-rata tanggapan responden terhadap variabel loyalitas pelanggan sebesar 4,33 yang berada dalam kategori sangat tinggi. Pembahasan mengenai customer value yang mempengaruhi sikap pelanggan dengan menggunakan analisis regresi berganda adalah bahwa customer value berpengaruh terhadap sikap pelanggan dan sikap pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan.

Kata Kunci : Customer Value, Fungsional Value, Emosional Value dan Loyalitas Pelanggan

Full Text:

PDF PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.