PENGARUH AUTOMATIC SERVICE DAN TRADITIONAL SERVICE TERHADAP KEPUASAN NASABAH PT BANK KALBAR CABANG UTAMA PONTIANAK

RIO DWI SAPUTRA B11211121

Abstract


Potensi sumber daya manusia tersebut sangat berpengaruh terhadap upaya organisasi dalam pencapaian tujuan. Betapa pun majunya teknologi, tersedianya modal, berkembangnya informasi, memadainya bahan, namun jika tanpa sumber daya manusia maka suatu perusahaan atau organisasi akan sangat sulit untuk mencapai tujuannya. Sumber daya manusia di dalam  suatu organisasi perlu dikelola secara profesional agar terwujud keseimbangan antara kebutuhan pegawai dengan tuntutan dan kemampuan organisasi perusahaan. Keseimbangan tersebut merupakan kunci utama perusahaan agar dapat berkembang secara produktif dan wajar. Salah satu strategi yang dapat menunjang keberhasilan dalam bisnis perbankan adalah berusaha menawarkan kualitas jasa dengan kualitas pelayanan yang tinggi. Dengan demikian kualitas layanan dan kepuasan nasabah memiliki hubungan yang sangat erat, dikarenakan kualitas layanan yang tinggi dihubungkan dengan kepuasan nasabah yang tinggi. Maka penelitian ini memfokuskan pada pengaruh automatic service dan traditional service terhadap kepuasan nasabah PT Bank Kalbar Cabang Utama Pontianak.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh automatic service dan traditional service secara simultan dan parsial terhadap kepuasan nasabah PT Bank Kalbar Cabang Utama Pontianak. Teknik sampling menggunakan stratified sampling  sehingga diperoleh 50 nasabah taserna dan 50 nasabah simpeda, maka saat penyebaran akan di sebar kuisioner kepada 100 responden, pengumpulan data menggunakan kuisioner dan wawancara. Sedangkan untuk teknik analisis menggunakan pengujian statistik dengan uji regresi berganda.

Hasil dari penelitian ini adalah pengaruh automatic service dan traditional service secara bersama-sama (simultan) berpengaruh terhadap kepuasan nasabah.

Kata Kunci

:

automatic service, traditional service dan kepuasan nasabah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.