ANALISIS PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN PRODUCT QUALITY TERHADAP BUYING DECISION SERTA DAMPAKNYA PADA SATISFACTION (Survei Pada Konsumen Produk Kosmetik Rossa Beauty Di Kota Pontianak)

ANGELINA CAROLIN B2042152001

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Celebrity Endorser dan Product Quality terhadap Buying Decision serta dampaknya pada Satisfaction (survei pada konsumen produk Rossa Beauty di Kota Pontianak). Jenis penelitian ini adalah penelitian kausalitas deskriptif. Sampel penelitian ini adalah responden yang pernah membeli dan menggunakan produk kosmetik merek Rossa Beauty selama 6 bulan terakhir sebanyak 100 orang yang diperoleh dengan purposive sampling. Analisis data dilakukan menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan bantuan SPSS 22.0.

Hasil penelitian memperlihatkan bahwa (1) Celebrity Endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap Buying Decision (2) Product Quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap Buying Decision (3) Buying Decision

Berpengaruh positif signifikan terhadap Satisfaction (4) Celebrity Endorser berpengaruh positif signifikan terhadap Satisfaction (5) Product Quality berpengaruh positif signifikan terhadap Satisfaction.

 Kata Kunci: Celebrity Endorser, Product Quality, Buying Decision, Satisfaction 












DAFTAR PUSTAKA

Ambadar, et al. 2007. Mengelola Merek. Jakarta: Yayasan Bina Karsi Mandiri

Asma, Saleem dkk. 2015. Product Perceived Quality and Purchase Intention with

         Consumer Satisfaction. Global Journal of Management and Business Research: E Marketing Vol 15

Baruna Hadi Brata dkk. 2017. The Influence of Quality Products, Price, Promotion, and Location to Product Purchase Decision on Nitchi At PT. Jaya Swarasa Agung in Central Jakarta.Saudi Journal of Business and Management Studies

Dajan, Anto. 1986. Pengantar Metode Statistik. Jakarta: LP3S

Durianto, dkk. 2004. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Endang, Sulistya. 2012. Pengaruh Agnes Monica Sebagai Celebrity Endorser Terhadap Pembentukan Brand Image Honda Vario. Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol.6

Elfarisi Al. 2016. Pengaruh Celebrity Endorser (HiVi) Terhadap Proses Proses Keputusan Pembelian Sepatu Kulit Amble Footwear (Survei Kepada Para Pengguna Sepatu Amble Footwear di Sosial Media Twitter

Evelina dkk. 2012. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Telkomflexi. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Volume 2 Nomor 1 Tahun 2013

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Griffin, Jill. 2003.Customer Loyalty: Menumbuhkan Dan Mempertahankan Pelanggan. Jakarta: Penerbit Erlangga

Hadi, Prasetyo dan Sumarto. 2010. Pentingnya Brand Loyalty Terhadap Minat Beli Ulang. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis Vol.10 No.1

Hendra Riki Wijaya dan Sri Rahayu. 2018. The Effect of Trust and Brand Image to Repurchase Intention in Online Shopping

Hestayani, Andriana Dwi dan Astuti. 2017. Analisis Pengaruh Celebrity Endosser, Daya Tarik Iklan, Kualitas Produk terhadap Kepurusan Pembelian dengan Brand Image sebagai Variabel Intervening.

Kotler, Philip dan Keller. 2007. Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas. Jakarta: PT. Indeks

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2012. Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1 dan 2, Alih Bahasa: Bob Sabran. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip and Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Alih Bahasa : Bob Sabran. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip and Amstrong, Gary. 2014. Principles of Marketing, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson         Education, Inc

Lutiary Eka Ratri. 2007. Hubungan Antara Citra Merek (Brand Image) operator Seluler Dengan Loyalitas Merek (Brand Loyalty) Pada Mahasiswa Pengguna Telepon Seluler Di Fakultas Ekonomi Reguler Universitas Diponegoro Semarang

Made Sintha Ayu Saraswati Sujana. 2017. Peran Brand Image Memediasi Hubungan Celebrity Endorser Dengan Purchase Intention. Forum Keuangan Dan Bisnis Indonesia (FKBI)

Mahestu Noviandra. 2006. Analisis Pengaruh Model Iklan Terhadap Perilaku Pembelian Remaja, Kasus Pada Bintang Akademi Fantasi Indosiar

Nababan, Marya Desyeni. 2008. Pengaruh Selebriti Pendukung (Celebrity Endorser) terhada Minat Pembelian Indomie (Studi Kasus pada Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Indonesia)

Pakpahan, Erick Simon Bolivar. 2017. Pengaruh Kredibilitas Celebrity Endorseer terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen YOU-C 1000 Vitamin C di Kota Pekanbaru

Parengkuan, dkk. 2014. Analisis Pengaruh Brand Image dan Celebrity Endorsment terhadap Paul, J. Peter dan Jerry C. Olson. 2000. Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi           Pemasaran. Terjemahan. Jakarta: Erlangga Keputusan Pembelian Produk Shampo Head and Shoulders. Jurnal EMBA Vol.2 No.3

Paul, J. Peter dan Jerry C. Olson. 2000. Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Terjemahan. Jakarta: Erlangga

Ramadhan dan Santosa. 2017. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Citra Merek terhadap Minat Beli Ulang pada sepatu Nike Running di Semarang melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Hournal of Management. Volume 6, Nomor 1, Tahun 2017

Royan, Frans. M. 2004. Marketing Selebritis, Selebritis dalam Iklan dan Strategi Selebritis Memasarkan Diri Sendiri. Jakarta: Elek Media Komputindo kelompok Gramedia

Santoso, Singgih. 2014. Panduan Lengkap SPSS Versi 20. Jakarta: PT. Elek Media Komputindo

Schiffman and Lazar Kanuk. 2000. Costumer Behavior: Internasional Edition. New Jersey: Prentice Hall

Schiffman, Leon G. and Leslie Lazar Kanuk.2007. Customer Behavior, edisi ke 7. New Jersey: Prentice-hall,1nc

Saputra, Setiawan Tri dkk. 2017. Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Iphone (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang)

Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana

Shimp, Terence. 2003. Periklanan Promosi Aspek Aspek Tambahan Komunikasi Terpadu. Jakarta: Erlangga

Sugiyono.  2017.  Metode  Penelitian  Kuantitatif,  Kualitatif,  dan  R&D.  Bandung: Alfabeta

Sujarweni, V Wiratna. 2014. SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sulis, Riptiono. 2013. Pengaruh Lifestyle, Brand Awareness dan Product Quality terhadap Repurchase Intention Minuman Saribuah Buavita dengan Purchasing Decisions sebagai Variabel Intervening di Kecamatan Kebumen. Jurnal Fokus Bisnis Vol.12 No.1

Sumarwan, Ujang.2010. Perilak  Konsumen: Teori dan Penerapannya Dalam Pemasarannya. Jakarta: Ghalia Indonesia

Sumarwan, Ujang. 2004. Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Ghalia Indonesia

Suryani, Tatik. 2008. Perilaku Konsumen Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu

Tjiptono, Fandi. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/ejme.v8i1.38283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher: Master of Management Program, Faculty of Economics and Business, Universitas Tanjungpura

Editorial Address: Jalan Profesor Doktor Haji Hadari Nawawi,
Kecamatan Pontianak Tenggara, Bansir Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78115.

Creative Commons License
Equator Journal of Management and Entrepreneurship is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.