ANALISIS ANOMALI RETURN SAHAM DI BULAN RAMADHAN (STUDI EMPIRIS PADA JAKARTA STOCK EXCHANGE & JAKARTA ISLAMIC INDEX)

MUHAMMAD ZAINI B2041152008

Abstract


Pasar modal merupakan suatu mekanisme ekonomi dengan aktivitas perdagangan surat berharga yang memungkinkan perusahaan atau organisasi untuk mendapatkan keuntungan melalui transkasi jual-beli sekuritas. Salah satu dari anomali return saham yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah Religius Calendar Effect. Religius Calendar Effect adalah penelitian yang difokuskan pada kalender keagamaan yang paling berpengaruh di suatu Negara tertentu yang memiliki penduduk dengan mayoritas agama atau keyakinan tertentu, misalnya penelitian Ramadhan Effect yang hanya dapat dilakukan pada Negara tertentu yang mayoritas penduduknya adalah muslim, atau penelitian pada Hari Natal dan Tahun Baru yang dapat diteliti pada Negara tertentu yang mayoritas penduduknya adalah Kristiani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bulan Ramadhan atau yang biasa disebut dengan Ramadhan Effect terhadap return saham di Jakarta Stock Exchange dan Jakarta Islamic Index pada periode Januari 2011 – Desember 2016. Metode analisis menggunakan analisis Uji beda dua rata-rata (t-test) yaitu dependent sample t-test atau paired sampel t-test serta Independent sample t-test dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa tidak terdapat pengaruh Ramadhan Effect pada anomali return saham di Jakarta Stock Exchange dan Jakarta Islamic Index periode 2011 sampai dengan 2016, tetapi pada periode sebelum dan selama bulan ramadhan 2013 menunjukkan adanya pengaruh Ramadhan Effect dengan nilai signifikansi sebesar 0,519 lebih besar dari tingkat signifikansi 0,05 di Jakarta Stock Exchange dan nilai signifikansi sebesar 0,099 lebih besar dari tingkat signifikansi 0,05 di Jakarta Islamic Index.

Kata Kunci : Anomali, Ramadhan Effect, Return Saham dan Uji Beda Dua Rata-rata (t-test).

Full Text:

PDF PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.