PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK DAN NILAI EMOSIONAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN DAMPAKNYA PADA KEPUASAN KONSUMEN (STUDI PADA KONSUMEN TUPPERWARE DI KOTA PONTIANAK)

NICODEMUS B2041141022

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif kausalitas dengan menggambarkan kondisi sebagaimana adanya berdasarkan data yang diperoleh pada saat penelitian pada stockiest Tupperware Jl.Danau Sentarum dan Jl. Sungai jawi kota  Pontianak. Dalam penelitian ini, sampel diambil sebanyak 100 responden yang menggunakan produk Tupperware. Teknik analisis data menggunaka analisis Regresi Bertahap (Analisis Jalur/Path Analysis), Analisis jalur tidak hanya menguji pengaruh langsung, tetapi juga menjelaskan tentang ada atau tidaknya pengaruh tidak langsung yang diberikan variabel bebas melalui variabel intervening terhadap variabel terikat.

Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas produk (X1) dan citra merek (X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y1) produk Tupperware, hal ini berarti H1 dan H2 ditolak. Sedangkan nilai emosional (X3) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y1) produk Tupperware, hal ini berarti H3 terbukti (diterima).

Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, dapat diketahui bahwa citra merek (X2) dan nilai emosional (X3) tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y2) produk Tupperware, hal ini berarti H5 dan H6 tidak terbukti (ditolak). Sedangkan kualitas produk (X1) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y2), hal ini berarti H4 terbukti (diterima). Berdasarkan hasil pengujian hipotesis keputusan pembelian (Y1) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y2) produk Tupperware, hal ini berarti H7 terbukti (diterima). Penelitian ini menunjukkan bahwa keputusan pembelian tidak memediasi kualitas produk dan citra merek terhadap kepuasan konsumen dari produk Tupperware.

 Kata kunci : kualitas produk, citra merek, nilai emosional, keputusan pembelian, kepuasan konsumen.





DAFTAR PUSTAKA

 
 Aaker, David A (1991), Managing Brand Equity: Capitalizing on the value of Brand Name, Prentice Hill, New York

 Almaulidta, Suharyono dan Yulianto (2015). “Pengaruh Green Brand Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen (Survei Pada Mahasiswa Program Strata 1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang Menggunakan Produk Elektronik Merek Sony”. Malang Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 3, No.1, 2015.

 Amirullah (2002). Perilaku Konsumen, Cetakan Pertama, Graha Ilmu, Yogyakarta.

 Anastasia dan Nurendah (2014). “Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Bogor: Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan Vol. 2, No. 2, 2014.

 Atmaja dan Adiwinata (2013). “Pengaruh Produk, Harga, Lokasi, dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian di Kopitiam Oey Surabaya”. Surabaya: Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa Vol. 1, No. 2, 2013.

 Engel, James, F, Roger D. Blackwell, dan Paul W. Miniard (1994). Perilaku Konsumen. Edisi Keenam. Jilid 1. Penerbit Binarupa Aksara. Jakarta

 Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Peerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

 Giese & Cote. (2000). Academy of Marketing Science Review. Defining Consumer Satisfaction. Vol 2000 No. 1 Available: http://www.ams review.org/articlesgiese01-2000.pdf

 Haryadi Sarjono, Winda Julianit (2011). SPSS vs LISREL sebuah pengantar Aplikasi untuk Riset. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

 Heriyati dan Septi (2011). “Analisis Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Hanphone Nexian”. Jakarta: Jornal of Business Strategy and Excecuation Vol. 4, No. 1, 2012.

 https://metlitblog.wordpress.com/2016/11/25/pengertian-analisis-data-menurut-ahli/

 Keller, Kevin L (1993). How to manage brand equity. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Kotler,Philip dan Gary Amstrong (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran, jilid 2, edisi ke-8. Penerbit Erlangg, Jakarta.

Kotler,Philip dan Kevin Lane Keller (2012). Marketing Management. New Jersey: Pearson Education Limited.

 Kotler,Philip, dan Gary Armstrong (2012). Principle of Marketing. Upper Sadle River, N.J : Pearson Prentice Hall.

 Kotler,Philip  (2005). Manajemen Pemasaran. Jilid II. Edisi Kesebelas. Alih Bahasa Benyamin Molan. Jakarta : Indeks.

 Loverlock, Christoper H dan Wright, Lauren K (2007). Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta : Indeks.

 Panjaitan (2012). “Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Tempat dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Restoran Simpang Raya BSD)”. Jakarta : DeReMa Jurnal Manajemen Vol. 7, No. 2, 2012.

 Priansa. Donni Juni (2017). Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

 Priyanto, Rosa, Syarif (2014). “Pengaruh Personal Selling dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian”. Bogor: Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan Vol. 2 No.1, 2014.

 Rares dan Jorie (2015). “Pengaruh Harga, Promosi, Lokasi, Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Toko Bengkel Gaoel Manado Town Square”. Manado: Jurnal EMBA Vol. 3, No. 2, 2015.

 Rizan dan Anjarestu (2013). “Pengaruh kualitas Produk dan Personal Selling Terhadap Kepusasn Pelanggan Pada Majalah Info Bekasi (Studi Kasus PT.SIBK)”. Bekasi: Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) Vol.4, No. 1, 2013.

 Setiadi, Nugroho J (2003). Perilaku Konsumen. Kencana. Jakarta.

Stanton, William J (1991), Prinsip Pemasaran, Erlangga. Jakarta.

Sugiono (2002). Statistika Untuk Penelitian. Bandung : CV Alfabeta

Tjiptono, Fandy (2001). Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Keenam. Yogyakarta: Penerbit. Andy.

 Tjiptono, Fandy (2002). Strategi Pemasaran, Edisi Kedua. Penerbit Andi Offset, Yogyakarta.

 Tjiptono, Fandy (2006). Manajemen Jasa. Jogyakarta : Andi

Umar, Husein (2009). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Rajawali Pers

 Yana, Suharyono, Abdillah (2015). “Pengaruh Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan. Malang : Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 21 No. 1, 2015.

 Zeithaml, V.A., & Bitner, M.J (2009). Service Marketing , Integrating Customer Focus Across Firm, Fifth Edition. New York: Irwin McGraw-Hill.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.