ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN MEMILIH JASA PENGIRIMAN BARANG DI KOTA PONTIANAK
Abstract
Perkembangan transportasi dari tahun ke tahun berkembang dengan pesat, mulai ditemukannya kendaraan laut, kendaraan darat sampai alat transportasi udara. Kemajuan teknologi transportasi, merupakan faktor utama yang memudahkan untuk melakukan pendistribusian barang, sehingga sarana penunjang kebutuhan tersebut diciptakan untuk mempermudah pemenuhan akan kebutuhan untuk pengiriman barang. maka penelitian ini memfokuskan pada faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen memilih jasa pengiriman barang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah faktor-faktor apa yang mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen dalam memilih jasa pengiriman barang di Kota Pontianak. Teknik sampling menggunakan Sampling Purposif sehingga diperoleh 300 responden yang terdiri dari konsumen PT.DK Express, TIKI dan JNE, pengumpulan data menggunakan kuisioner dan wawancara. Sedangkan untuk teknik analisis menggunakan pengujian statistik dengan uji regresi berganda.Hasil dari penelitian ini adalah produk, tempat, harga, bauran pemasaran promosi, partisipasi, bukti fisik dan proses berpengaruh baik secara parsial dan simultan terhadap keputusan konsumen memilih jasa pengiriman barang.
Kata kunci : Produk, Tempat, Harga, Bauran Pemasaran Promosi, Partisipasi, Bukti Fisik, Proses dan Keputusan Konsumen Memilih Jasa Pengiriman Barang.
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/ejme.v1i3.3378
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Master of Management Program, Faculty of Economics and Business, Universitas Tanjungpura
Editorial Address: Jalan Profesor Doktor Haji Hadari Nawawi,
Kecamatan Pontianak Tenggara, Bansir Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78115.
Equator Journal of Management and Entrepreneurship is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.