ANALISIS PENGARUH CONVENIENCE DAN PRICE TERHADAP REPURCHASE INTENTION DENGAN SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (KONSUMEN GO-FOOD DI KOTA PONTIANAK)

FERY MARSUKI B2041162005

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menguji apakah faktor Convenience dan Price mempengaruhi  Repurchase intention dengan Satisfaction sebagai variabel intervening pada kasus go-food khusunya di Kota Pontianak.  Selain itu pengaruh langsung dan tak langsung antar variabel dalam penelitian. Penelitian ini termasuk dalam metode penelitian kuantitatif bentuk kausal. Analisis data bersifat kuantitatif/statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah di tetapkan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan Purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu.  Penyebaran data kuesioner dilakukan kepada 50 responden. Penelitian ini menggunakan data analisis path dengan bantuan spss sebagai alat uji statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada empat hipotesis yang terdukung yaitu; 1).Convenience secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Satisfaction, 2).Price secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Satisfaction, 3).Convenience secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Repurchase Intention, 4).Satisfaction secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap Repurchase Intention.  Sementara itu hanya tersisa satu hipotesis yang tidak terdukung yaitu Price tidak berpengaruh terhadap repurchase intention dengan nilai t hitung (1,961) lebih kecil dari t tabel (2,008) dan nilai signifikan sebesar 0,056 lebih besar dari 0,05.  Analisis Pengaruh Convenience terhadap Repurchase Intention, pengaruh secara langsung diperoleh sebesar 0,202 lebih tinggi dari pengaruh secara tidak langsung diperoleh sebesar 0,129. Artinya Convenience akan lebih bagus meningkatkan Repurchase Intention jika di tidak dukung atau tidak melalui oleh Satisfaction terlebih dahulu. Pengaruh Price terhadap Repurchase Intention pengaruh secara langsung diperoleh sebesar 0,041 lebih rendah dari pengaruh secara tidak langsung diperoleh sebesar 0,057. Artinya Price akan lebih bagus meningkatkan Repurchase Intention jika di dukung atau melalui oleh Satisfaction terlebih dahulu.

Kata Kunci: Convenience, Price, satisfaction dan Repurchase intention





  DAFTAR PUSTAKA

 Colwell, S.R., Aung. M., Kanetkar. V., & Holden. A. L. 2008 Toward a Measure of  service convenience miltiple-item scale development and empirical test. Journal of service marketing 22:160-169

 Craven, David W. (2004). Strategic Marketing. 7th edition. McGraw-Hill. Singapore.

 Claudia Purnama Dewi (2015).Pengaruh service convenience terhadap satisfaction pada pengguna telkomsel di Surabaya.

 Denny Lukas Hendrian Pengaruh customization,contact interactivity,cultivation, choice, convenience character terhadap e-loyalty customer di situs kaskus.

 

Dharmesta, Basu Swastha. (2003). Pengantar Bisnis Modern, Yogyakarta: Libery

 Ferdinand. 2007. Metode Penelitian Manajemen. Edisi Kedua. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Cv Indoprint

 Ghozali, Imam (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program.Edisi Ketujuh. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

 Gefen, D., Karahanna, E. & Straub, D.W. 2003. Trust and TAM in Online Shopping: An Integrated Model. Management Information System Quarterly, 27(1): 51-90.

 Husein Umar. 2000. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta : GramediaPustaka Utama dan Jakarta Business Research Center.

 Ida Farida, Achmad Tarmizi, & Yogi November, 2016. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7P TerhadapKepuasan Pelanggan Pengguna GOJEK Online.

 Irsa Nugraha, Y Sugiarto Ph (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kesesuaian harga Terhadap Keputusan Pembelian ulang dengan Kepuasan kosumen sebagai Variabel Intervening

 Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2008. Manajemen Pemasaran. Jilid Satu, Edisi Keduabelas, Cetakan Ketiga. Penerbit Erlangga.

 Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2011. Manajemen Pemasaran. Jilid Satu, Edisi Keduabelas. Penerbit Erlangga.

 Krissanthi Atalia.2015, Indonesia.Pengaruh Pelaksanaan Marketing Mix Terhadap Kepuasan Pelanggan Industri Jasa Kesehatan(Kasus Rumah Sakit SariMutiara Medan )

 Lupiyoadi, Rambat dan A.Hamdani (2008). Manajemen Pemasaran Jasa, cetakan keempat. Salemba Empat, Jakarta.

 Muslichah, Supit, Hartini (2012).Penggunaan Teknologi Internet dalam Sistem Penjualan Online untuk Meningkatkan Kepuasan dan Pembelian Berulang Produk Batik pada Usaha Kecil dan Menengah di Jawa Timur

 Payne, Adrian. 2009 The Essence off Service Marketing. Diterjemahkan Oleh Fandi Ciptono. Yogykarta. Penerbit Andi

 Pryatno, Duwi, 2010. Paham Analisis Statistik Data dengan SPSS. Jakarta :  PT.Buku Seru

 Prama, Astuti,  Kertahadi (2015). The influence of Convenience, Ease of use and Security on customer Satisfaction(Study on Mandiri Internet Banking at Mandiri Bank Surabaya Commercial Branch).

 Ratni Prima Lita.2010, Indonesia.The Effect of Implementation of Service Marketing Mix on The Process of TouristDecision Making to Visit Tourist Destination In Padang City

 Rahmawati Setyaningsih; Suyudi Mangunwihardjo dan Harry Soesanto. 2007. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Ekuitas Merek Untuk Meningkatkan Minat Beli Ulang. Jurnal Studi Manajemen dan Organisasi, Vol 4 No 2 hlm 30.

 Sari, Ratna Dwi Kartika. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Word Of Mouth Communication Terhadap Keputusan Pembelian Mebelian pada CV. Mega Jaya Mebel Semarang. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro

 Sefnedi. 2013, Indonesia. Analisis ServiceMarketing mix dan pengaruhnya Terhadap Keputusan Pemilihan jasa pendidikan Pasca Sarjana

 Sumarwan, Ujang. (2009). Pemasaran Strategik. Edisi pertama. Inti Prima, Jakarta.

Simamora, Bilson. 2003. Membongkar Kotak Hitam Konsumen. Jakarta: Gramedia pustaka utama.

Santoso, Singgih. 2003. SPSS Statistik Multivariat. PT. Elex Media Komputindo.

Jakarta

 Sugiyono.(2008).Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R& D).CV. Bandung: Alfabeta.

 Sarwono, Jonathan. 2012. Path Analysis dengan SPSS, Penerbit PT Elex Media Komputindo

 Srinivasan, S., Anderson, R., dan Ponnavolu, K., 2002, Customer Loyalty in e-Commerce: an exploration of its antecedents and consequences, Journal of Retailing, Vol. 78: pp 41-50.

 Tjiptono, Fandy. (2001). Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Kelima. ANDI OFFSET, Yogyakarta

 Usmara. 2003. Strategi Baru Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: PT. Amara Books

 Yazid. 2005 .”Pemasaran Jasa”. Konsep dan Implementasi. Edisi kedua. Yogyakarta : Ekoniria

 Website http://kalbar.bkkbn.go.id. https://www.kompasiana.com https://katadata.co.id/berita/2018/03/22/ini-lima-layanan-go-jek-yang-paling-banyak-digunakan-konsumen.

 https://www.jawapos.com/metro/metropolitan/14/06/2017/hasil-survei-go-jek-aplikasi-transportasi-onlline-terlaris-di-indonesia


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.