PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL, KEPUASAN KERJA DAN KINERJA PEGAWAI SATUAN POLISI PAMONG PRAJA KABUPATEN MEMPAWAH

ABDUL HARIS AZIS B2042162001

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan otoriter terhadap komitmen organisasional, kepuasan kerja dan kinerja pegawai pada Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Mempawah. Metode penelitian yang digunakan merupakan jenis penelitian kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Mempawah, sedangkan sampel yang diambil sebanyak 70 pegawai menggunakan teknik sensus. Analisis data menggunakan SPSS versi 16.00 dan WarpPLS. Hasil penelitian mengungkapkan: 1) Terdapat pengaruh gaya kepemimpinan otoriter terhadap komitmen organisasional Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Mempawah dengan nilai P-value yang dihasilkan < 0,001 dan nilai path koefisiennya sebesar 0,79, karena pegawai merasa nyaman dalam bekerja dan akrab dengan pimpinan, 2) Tidak terdapat pengaruh gaya kepemimpinan otoriter terhadap kepuasan kerja pegawai Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Mempawah dengan nilai P-value yang dihasilkan > 0,001 dan nilai path koefisiennya sebesar 0,15, karena pegawai tidak memperoleh promosi jabatan yang sama, 3) Tidak terdapat pengaruh gaya kepemimpinan otoriter terhadap kinerja pegawai Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Mempawah dengan nilai P-value yang dihasilkan > 0,001 dan nilai path koefisiennya sebesar 0,19, karena pegawai rata-rata tamatan pendidikan tinggi, sehingga mereka tahu tanggungjawan dan pekerjaan yang akan dijalani, 4) Terdapat pengaruh komitmen organisasi terhadap kepuasan kerja pegawai Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Mempawah dengan nilai P-value yang dihasilkan < 0,001 dan nilai path koefisiennya sebesar 0,84, karena pengawai dapat bekerjasama dengan baik dengan pimpinan dan sesama rekan kerja, 5) Tidak terdapat pengaruh komitmen organisasional terhadap kinerja pegawai Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Mempawah dengan nilai P-value yang dihasilkan > 0,001 dan nilai path koefisiennya sebesar 0,22, karena pegawai dapat bekerja dengan baik dan mampu menjalankan pekerjaan tanpa diperintah oleh pimpinan dan 6) Terdapat pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Mempawah dengan nilai P-value yang dihasilkan < 0,001 dan nilai path koefisiennya sebesar 0,94, karena kesesuaian penempatan kerja yang diberikan, sehingga pegawai mampu melaksanakan pekerjaan yang diberikan.

 

Kata Kunci : Gaya Kepemimpinan, Komitmen Organisasional, Kepuasan Kerja, Kinerja Pegawai







DAFTAR PUSTAKA

 

Andini, R. 2006. Analisis Pengaruh Kepuasan Gaji, Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasional terhadap Turnover Intention. Tesis. Semarang: Universitas Diponegoro

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Renika Cipta.

Bernardin, H. John dan Joyce E.A Russel. 2013. Human Resource Management (an Experimental Approach Internal Edition), Singapore: Mc Graw Hill Inc.

Edison, Anwar, dan Komariyah. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia Strategi dan Perubahan dalam Rangka Meningkatkan Kerja Pegawai dan Organisasi. Al-Fabeta, Bandung.

Handoko, 2017. Manajemen. Yaogyakarta: BPFE.

Hasibuan, Malayu S.P., 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara, Jakarta.

Indra, Bastian. 2013. Sistem Pengendalian Manajemen Sektor Publik. Jakarta: Salemba Empat.

Judge, 2007. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Luthans, 2016. Organization Behavior. New York: McGraw Hill International.

Mamik, 2010. Organisasi dan Manajemen Pelayanan Kesehatan dan Kebidanan. Surabaya : Prins Media

Maryadi, 2012. Pengaruh Budaya Organisasi, Kompensasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Disiplin Kerja Guru SD di Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang. Volume 1. 2012.

Mathis, R.L. & J.H. Jackson. 2016. Human Resource Management: Manajemen Sumber Daya Manusia. Terjemahan Dian Angelia. Jakarta: Salemba Empat.

Nawawi, Hadari. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Bisnis Yang Kompetitif. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Nurhayati, 2015. Pengaruh Kepuasan Kerja, Lingkungan Kerja Dan Loyalitas Kerja Tehadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) (Studi Kasus Pada PT. Perwirabhakti Sentrasejahtera Di Kota Semarang)

Nurjannah, 2008. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Komitmen Organisasi Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan (Studi Pada Biro Lingkup Departemen Pertanian). Jurnal: Program Studi Magister Manajemen Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro Semarang.

Prabowo, A., Alamsyah, A. & Noermijati, 2017. Pengaruh Kompensasi dan Kepuasan Kerja terhadap Komitmen Organisasional Perawat dan Bidan Kontrak di RS Bhayangkara Hasta Brata Batu Malang. Jurnal Aplikasi Manajemen, 14(1), pp. 58-67.

Prayuginingsih 2011. Pengaruh Motivasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Buruh Wanita di Gudang Tembakau Tempo Rejo Kecamatan Pakusari Kabupatrn Jember. Jurnal Agritech, Vol 13, No 1.

Rivai, Veithzal. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta:Muri Kencana.

Robbins, Stephen P. 2013. Perilaku Organisasi. Jakarta: Index.

Santoso, MH, 2014. Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Komitmen Organisasional dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening pada PT. Mitra Cimalati di Cilacap. Jurnal.

Siagian, Sondang P. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara.

Situmorang, Syafrizal Helmi dan Muslich Lutfi, 2011. Analisis Data Untuk Riset Manajemen Dan Bisnis, Edisi 2, USU Press, Medan.

Soegihartono. A. 2012. Pengaruh Kepemimpinan Kepuasaan Kerja Terhadap Kinerja denagn Mediasi Komitmen di PT Kayu Sakti Semarang. Jurnal Mitra Ekonomi dan Manajemen. Vol. 3, No. 1, Hal 123-139.

Sopiah, 2016. Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Surya, Dharma. 2015. Manajemen Kinerja : Falsafah, Teori Dan Penerapannya.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Thoha, Miftah, 2013. Kepemimpinan Dalam Manajemen. edisi 1. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Umar, Husein. 2008. Desain Penelitian MSDM dan Perilaku Karyawan Paradigma Positivistik dan Berbasis Pemecahan Masalah. Jakarta: Rajawali Press.

Usman, H. 2013. Manajemen Teori Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Van Scooter, J.R., 2000. Reltionship of Task Perfiomance and Contextual Performance With Turn Over, Job Satification,And Affective Commitment. Human Resource Management Review, 10 (1) : 79-95

Zainal, dkk. 2012. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Rajawali Press.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.