Faktor-faktor yang Mempengaruhi Nasabah Non Muslim Menjadi Nasabah Pada Bank Kalbar Syariah Cabang Pontianak

KHAIRULLAH HAFIZH ZAINAL B11212108

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah non muslim menjadi nasabah Bank Kalbar Syariah. Pertama, melihat apakah faktor-faktor potensial seperti: kualitas layanan, promosi, produk, citra bank dan bagi hasil berpengaruh terhadap keputusan nasabah non-Muslim untuk menggunakan jasa Bank Kalbar Syariah Cabang Pontianak. Kedua, bagaimana pengaruh faktor-faktor tersebut terhadap keputusan nasabah non-muslim. Dalam menjawab permasalahan ini dengan memberikan gambaran secara deskriptif dari analisis hasil pengolahan data.

Penelitian ini menghasilkan jawaban-jawaban atas kedua permasalahan diatas. Faktor produk memberikan manfaat yang didapat oleh nasabah dari produk simpanan dana yang digunakan yaitu dana yang di simpan lebih aman, bagi hasil yang lebih tinggi, fasilitas ATM dan Mobile Banking, Adanya jaminan keamanan dari produk yang digunakan apabila nasabah menyimpan dana, Produk Bank Kalbar Syariah selalu dikembangkan dan inovatif  sesuai dengan perkembangan bisnis bank dan Produk Bank Kalbar Syariah yang ditawarkan yaitu simpanan mudharabah seperti TADHARUS, TABUNGAN HAJI UMROH dan DEPOSITO MUDHARABAH sesuai dengan kebutuhan nasabah. Faktor citra bank juga dominan dalam penelitian ini, yang teridiri lima atribut yaitu Bank Kalbar Syariah Cabang Pontianak selalu menjaga kepercayaan nasabah dengan sangat baik, Bank Kalbar Syariah sudah di kenal luas, Reputasi Bank Kalbar Syariah Cabang Pontianak selama ini sangat baik, Kepedulian manajemen dan karyawan terhadap nasabah sangat baik dan Bank Kalbar Syariah Cabang Pontianak memiliki budaya perusahaan yang baik. Faktor dominan tersebut ternyata tidak sesuai dengan dugaan awal penelitian yang beratribut pada faktor kualitas pelayanan

 

Kata kunci : faktor, keputusan, nasabah, Bank Kalbar Syariah.

 


Full Text:

PDF PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/ejme.v7i1.30571

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher: Master of Management Program, Faculty of Economics and Business, Universitas Tanjungpura

Editorial Address: Jalan Profesor Doktor Haji Hadari Nawawi,
Kecamatan Pontianak Tenggara, Bansir Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78115.

Creative Commons License
Equator Journal of Management and Entrepreneurship is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.