PENGARUH INOVASI LAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH ASURANSI KERUGIAN PT JASA RAHARJA (PERSERO) PERWAKILAN SINGKAWANG
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial dari inovasi layanan yang meliputi variabel efisiensi layanan, variabel peningkatan/perbaikan layanan, dan variabel terobosan baru terhadap kepuasan nasabah PT Jasa Raharja (Persero) Perwakilan Singkawang. Berdasarkan hasil penelitian, secara simultan (Uji F) menerima hipotesis (Fhitung=32,170 > Ftabel =2,730), dengan demikian variabel efisiensi layanan, variabel perbaikan layanan, dan variabel terobosan baru berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah, dengan determinansi sebesar 56,6% (R2=0,566) dipengaruhi variabel penelitian selebihnya 43,4% dipengaruhi faktor lain diluar penelitian. Sementara secara parsial (Uji t) menerima hipotesis untuk variabel efisiensi berpengaruh terhadap kepuasan nasabah (thitung,= 4,863 > ttabel =1,990) dan variabel terobosan baru berpengaruh terhadap kepuasan nasabah (thitung,= 4,683> ttabel =1,990), dan menolak hipotesis untuk variabel perbaikan layanan tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah (thitung,= 1,115< ttabel =1,990).
Kata kunci : inovasi layanan, kepuasan
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/ejme.v1i3.2990
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Master of Management Program, Faculty of Economics and Business, Universitas Tanjungpura
Editorial Address: Jalan Profesor Doktor Haji Hadari Nawawi,
Kecamatan Pontianak Tenggara, Bansir Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78115.
Equator Journal of Management and Entrepreneurship is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.