ANALISIS FAKTOR FUNDAMENTAL YANG MEMENGARUHI VOLATILITAS HARGA SAHAM (Study Pada Perusahaan yang Terdaftar Dalam Index LQ45 Periode Tahun 2008-2017)

Lidia Suniarti Lidia B2041162013

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh PDB, Inflasi, Tingkat Suku Bunga SBI, Nilai Tukar, Dividend Payout Ratio, Dividend Yield, Volume Perdagangan dan Leverage terhadap Volatilitas Harga Saham pada perusahaan yang terdaftar dalam Indeks LQ45 periode tahun 2008-2017.

Sampel diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar dalam indeks LQ45 periode tahun 2008-2017. Dari populasi tersebut didapat 14 perusahaan yang sesuai dengan criteria sampel. Data dianalisis menggunakan regresi data panel.

Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa variable Produk Domestik Bruto, Inflasi, Tingkat Suku Bunga SBI, Nilai Tukar dan Volume perdaganan berpengaruh positif signifikan terhadap Volatilitas Harga Saham. Variable Dividend Payout Ratio, Dividend Yield dan Leverage berpengaruh negative signifikan terhadap Volatilita Harga Saham. Sehingga seluruh hipotesis pada penelitian ini diterima.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.