ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRAKTIK PERATAAN LABA SERTA KAITANNYA TERHADAP RISK DAN RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR PERBANKAN YANG LISTING DI BEI

B11208031 DEWI SUKMAWATI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor–faktor yang mempengaruhi perataan laba dan apakah terdapat perbedaan risk dan return perusahaan perata laba dan bukan perata laba. Penelitian ini berfokus pada sektor industri perbankan yang memiliki populasi sebanyak 31 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2005 sampai dengan 2011 dan dengan metode purposive judgement sampling menghasilkan 16 perusahaan yang dijadikan sampel. Kemudian, sampel diklasifikasikan kedalam perata laba dan non perata laba dengan menggunakan Indeks Eckel.

Hasil pengujian menunjukkan 18,75% perusahaan sektor perbankan  melakukan praktik perataan laba. Hasil pengujian multivariate pada Ho1 dengan nilai output ρ-value masing-masing sebesar 0,239 ; 0,245 ; 0,942 ; 0,843 yang lebih besar dari 0,10 menunjukkan bahwa Total Aktiva, Debt to Equity, Operating Profit Margin, dan Net Profit Margin tidak berpengaruh signifikan terhadap praktik perataan laba. Hasil pengujian mann whitney pada Ho3 dengan ρ-value sebesar 0,8259 yang lebih besar dari 0,10 menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan return antara perusahaan perata laba dan bukan perata laba.

Akan tetapi, hasil pengujian mann whitney pada Ho2 dengan ρ-value sebesar 0,0964 dan kurang dari 0,10 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan risk antara perusahaan perata laba dan bukan perata laba.

 

Kata Kunci : Total Aktiva, Debt to Equity, Operating Profit Margin, Net Profit Margin, Risk, Return, Perataan Laba

Full Text:

PDF Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.