PENGARUH PROGRAM PELATIHAN DAN KOMPETENSI PROFESIONALTERHADAP KINERJA GURU DI KOTA PONTIANAK

FEBI WAHYUNI B2041141014

Abstract


SMK merupakan sekolah yang memiliki keahlian / kompetensi khusus bagi siswanya disamping Ilmu Pengetahuan.  Siswa SMK dipersiapkan untuk dapat langsung bekerja dan melanjutkan pendidikan.Guru yang terlibat dalam proses pembelajaran di SMK terdiri dari Guru Adaptif, Normatif dan Guru Produktif. Guru Produktif adalah guru yang mengajar mata pelajaran kejuruan.Penilitian ini akan melihat pengaruh Program Pelatihan, Kompetensi Profesional terhadap Kinerja Guru SMK di Kota Pontianak. Program Pelatihan dan Kompetensi Profesional Guru adalah Variabel Bebas, Kinerja Guru Variabel Terikat. Populasinya adalah Guru Produktif yang ada di kota Pontianak yang berstatus Pegawai Negeri Sipil. Jumlah Populasi sebanyak 220 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Propocionate Stratified Random Sampling yaitu pengambilan sampel bila populasi mempunyai anggota atau unsur heterogen, sehingga jumlah sampel menjadi 142 orang. Instrumen Penelitian menggunakan Kuesioner, dan setiap jawaban memiliki bobot nilai. Analisis data yang digunakan adalah Regresi  Linier Berganda. Hasil Penelitian menunjukkan Program Pelatihan berpengaruh Positif (0,341) dan signifikan mempengaruhi Kinerja Guru sebesar 13,62 %. Kompetensi Profesional Guru berpengaruh positif (0,441) dan signifikan mempengaruhi Kinerja Guru sebesar 19,45 %.

Kata Kunci: Program Pelatihan, Kompetensi Profesional Guru danKinerja Guru


Full Text:

PDF PDF PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.