PENGARUH +REPUTASI UNDERWRITER, REPUTASI AUDITOR, ROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP UNDERPRICING SAHAM PERDANA DI BURSA EFEK INDONESIA

ADIYATH RANDY YUDI MAMAME B2043142010

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Reputasi Underpricing, Reputasi Auditor, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Underpricing Saham Perdana di Bursa Efek Indonesia.

Penelitian dilakukan pada perusahaan yang melakukan IPO pada tahun 2011 sampai 2016. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah underpricing, sedangkan variabel independen adalah reputasi underwriter, reputasi auditor, profitabilitas dan ukuran perusahaan.

Sampel penelitian sebanyak 79 perusahaan yang dipilih dengan metode purposive sampling, selanjutnya metode pengolahan data yang digunakan yaitu regresi berganda. Hasil penelitian  ini  menunjukkan  bahwa  secara  simultan  variabel  reputasi underwriter berpengaruh negatif terhadap underpricing, sedangkan reputasi auditor, profitabilitas dan ukuran perusahaan secara  bersama-sama berpengaruh  signifikan  terhadap  underpricing.  Secara  parsial,  reputasi underwriter berpengaruh negatif dan signifikan terhadap underpricing, sedangkan reputasi auditor, profitabilitas dan ukuran perusahaan berpengaruh negatif dan  tidak signifikan terhadap underpricing  pada  perusahaan  yang melakukan  Initial  Public Offering  (IPO)  di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2016.

Kata Kunci : Underpricing, Reputasi Underpricing, Reputasi Auditor, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan


Full Text:

PDF PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.