ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DIVIDEND PAYOUT RATIO PADA PERUSAHAAN CONSUMER GOODS YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

YOSEFA ROSI NATALIA KM BERAGE B11212078

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh kinerja keuangan perusahaan melalui Cash Position, Debt to Equity Ratio, Return on Asset, Firm Size dan Growth terhadap Dividend Payout Ratio pada perusahaan-perusahaan Consumer Goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2009-2013. Permasalahan dari penelitian ini adalah adanya kontardiksi antara teori dengan fakta yang ada mengenai pengaruh Cash Position, Debt to Equity Ratio, Return on Asset, Firm Size dan Growth terhadap Dividend Payout Ratio pada perusahaan-perusahaan Consumer Goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2009-2013 serta menguji pengaruh Growth sebagai variabel moderating.

Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, sampel sebanyak 24 perusahaan yang memenuhi kriteria dengan periode 2009-2013, data diperoleh dari Indonesian Capital Market Directory.

Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur (Path) dan uji hipotesis menggunakan koefisien determinasi, uji F-statisik untuk menguji koefisien secara simultan dan uji t-statistik untuk menguji koefisien secara parsial.  Sebelumnya juga dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heterokedasitas dan uji autokorelasi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa Cash Position, Debt to Equity Ratio, Return on Asset dan Firm Size mempunyai pengaruh langsung terhadap Growth, sedangkan Growth mempunyai pengaruh langsung terhadap Dividend Payout Ratio. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa Growth terbukti sebagai variabel moderating antara Debt to Equity Ratio terhadap Dividend Payout Ratio sedangkan Cash Position, Return on Asset dan Firm Size tidak dapat dimediasi oleh Growth.

Kata Kunci : Cash Position, Debt to Equity Ratio, Return on Asset, Growth, Dividend Payout Ratio

Full Text:

PDF Untitled ()

Refbacks

  • There are currently no refbacks.