ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UNDERPRICING SAHAM PADA PENAWARAN SAHAM PERDANA DI BURSA EFEK INDONESIA

PASCHALIA IRINE B2041141025

Abstract


Underpricing adalah sebuah fenomena Initial Public Offering (IPO) yang sering terjadi di pasar modal dan telah dibuktikan oleh para peneliti di berbagai negara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat underpricing. Penelitian dilakukan pada perusahaan yang melakukan IPO pada tahun 2011 sampai dengan tahun 2015 di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Underpricing diukur dengan initial  return yang merupakan selisih harga penutupan dengan harga penawaran saat penawaran saham perdana. Variabel independen dalam penelitian ini adalah financial leverage, profitabilitas perusahaan (ROA), ukuran perusahaan, persentase penawaran saham dan  reputasi underwriter. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan data panel yang diambil dari Bursa Efek Indonesia. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling menghasilkan 77 perusahaan sebagai sampel penelitian.

Model regresi berganda digunakan untuk menguji pengaruhvariabel independen terhadap variabel dependen dengan menggunakan SPSS versi 20. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel ukuran perusahaan berpengaruh secara signifikan dengan arah koefisien negatif terhadap underpricing. Sedangkan variabel financial leverage, profitabilitas perusahaan (ROA), persentase penawaran saham dan  reputasi underwriter terbukti tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap underpricing.

Kata Kunci : Underpricing, financial leverage, profitabilitas perusahaan (ROA), ukuran perusahaan, persentase penawaran saham dan  reputasi underwriter.

Full Text:

PDF Untitled ()

Refbacks

  • There are currently no refbacks.