ANALISIS PENGARUH MOTIVASI, LINGKUNGAN KERJA DAN KEMAMPUAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BADAN PENGELOLA PERBATASAN KABUPATEN SINTANG

HENDRIKUS B11211147

Abstract


Pada sebuah organisasi, pegawai merupakan bagian penting yang dapat menentukan keberhasilan sebuah organisasi dalam mencapai tujuannya. Agar pegawai dapat meningkatkan kinerja kerjanya dan menjalankan tugasnya dengan baik untuk tercapainya tujuan organisasi, maka perlu adanya sebuah motivasi. Kemudian lingkungan kerja merupakan salah satu faktor yang perlu mendapat perhatian organisasi. Faktor lingkungan kerja bias berupa kondisi fisik kantor yang meliputi penerangan, suhu udara, yang mampu meningkatkan suasana kondusif dan semangat kerja serta berpengaruh terhadap kinerja pegawai. Selain itu yang mempengaruhi kinerja adalah kemampuan, dimana kemampuan berhubungan erat dengan kemapuan fisik dan mental yang dimiliki orang untuk melaksanakan pekerjaan dan bukan apa yang ingin dilakukannya. Kemampuan kerja diartikan sebagai potensi yang dimiliki oleh seseorang yang berkaitan dengan pengetahuan dan keterampilan untuk melaksanakan aktivitas-aktivitas. Jadi pada dasarnya tujuan perusahaan dapat tercapai bila kinerja pegawai baik, salah satu cara untuk memperoleh kinerja yang baik adalah dengan memperhatikan motivasi, lingkungan kerja dan kemampuan agar dapat meningkatkan kinerja pegawai, sehingga terwujudnya organisasi atau instasi tersebut. Disinilah pentingnya peranan motivasi untuk meningkatkan kinerja kerja pegawai agar dapat menyelesaikan pekerjaannya.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah factor-faktor apa saja yang mempengaruhi Kinerja Pegawai Negeri Sipil pada Badan Pengelola Perbatasan Kabupaten Sintang. Teknik sampling menggunakan metode sensus karena jumlah populasi hanya 30 orang maka seluruh populasi dijadikan sebagai sampel sehingga dengan demikian jumalah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 30 orang Pegawai Negeri Sipil pada Badan Pengelola Perbatasan Kabupaten Sintang,  pengumpulan data menggukan kuisioner dan wawancara. Sedangkan untuk teknik analisis menggunakan pengujian statistik dengan uji regresi berganda.

Hasil dari penelitian ini adalah disimpulkan bahwa variable motivasi, lingkungan kerja dan kemampuan secara bersama-sama (simultan) berpangaruh terhadap peningkatan kinerja pegawai.

Kata Kunci : Motivasi, Lingkungan Kerja, Kemampuan dan Kinerja.

Full Text:

PDF Untitled ()

Refbacks

  • There are currently no refbacks.