FENOMENA UNDERPRICING PADA INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO) DI BURSA EFEK INDONESIA

MONALISA LIANA B2041132022

Abstract


 

 

 

Underpricing merupakan suatu fenomena yang terjadi apabia harga saham pada pasar perdana (IPO) lebih rendah dibandingkan dengan harga saham pada pasar sekunder pada hari pertama..  Penelitian  ini  bertujuan  untuk  menganalisis  faktor-faktor  yang  mempengaruhi tingkat underpricing. Penelitian ini  dilakukan di Bursa Efek Indonesia (BEI), yakni pada perusahaan yang melakukan Initial Public Offering  (IPO) pada tahun 2010 sampai dengan tahun 2013. Underpricing yang diukur dengan initial abnormal return  merupakan variabel dependen dalam penelitian ini, sedangkan variabel independen dalam penelitian ini  adalah reputasi underwriter, reputasi auditor, ukuran perusahaan, jumlah anggota dewan komisaris, tingkat  independensi dewan komisaris, dan komite audit. Pengambilan sampel dilakukan dengan  metode  Purposive  sampling           dengan  74  perusahaan  sebagai  sampel  penelitian. Pengujian  hubungan antar variabel independen dan dependen menggunakan model regresi berganda.

Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa variabel reputasi auditor, ukuran perusahaan dan  jumlah anggota dewan komisaris berpengaruh secara signifikan terhadap underpricing, sedangkan variabel  reputasi underwriter, independensi dewan komisaris dan komite audit terbukti tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap underpricing.

Saran yang diberikan penulis berdasarkan hasil penelitian ini adalah: 1) manajemen perusahaan   harus  lebih  memperhatikan  fenomena  underpricing  agar  perusahaan  dapat mendapatkan dana semaksimal  mungkin, 2) investor harus memperhatikan faktor reputasi auditor,  ukuran  perusahaan  serta  jumlah   anggota   dewan  komisaris  untuk  mengambil keputusan berinvestasi di pasar perdana.

Kata Kunci : Underpricing, Initial Public Offering, Reputasi Underwriter, Reputasi Auditor, Ukuran  Perusahaan,  Jumlah  Anggota  Dewan  Komisaris,  Komisaris  Independen,  Komite Audit.

Full Text:

PDF Untitled ()

Refbacks

  • There are currently no refbacks.