PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH KALIMANTAN BARAT CABANG SINGKAWANG

MUHAMMAD MULIAWAN B11212115

Abstract


Penelitian ini berjudul “Pengaruh Budaya Organisasi dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada PT. Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Barat Cabang Singkawang, dimana data yang diteliti dikelompokkan dari jenis kelamin, pendidikan terakhir, status perkawinan, lama bekerja, usia dan penghasilan gaji.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh budaya organisasi dan motivasi terhadap kinerja pegawai Bank Kalbar Cabang Singkawang. Metode penelitian yang digunakan adalah explanatory survey dengan sifat penelitian secara kuantitatif menggunakan uji regresi linier berganda. Variabel idependen penelitian terdiri dari budaya organisasi dan motivasi, sedangkan variabel dependen terdiri dari kinerja pegawai. Jumlah responden penelitian meliputi 61 Pegawai Bank Kalbar Cabang Singkawang, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sensus, teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan  kepada  pegawai  Bank Kalbar Cabang Singkawang.

Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda didapat nilat t hitung untuk budaya organisasi (X1) sebesar 2,072 dan t hitung untuk motivasi (X2) sebesar 4,200 dengan t tabel sebesar 2,00172. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara budaya organisasi terhadap kinerja dan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi terhadap kinerja. Terjadi hubungan yang kuat antara budaya organisasi (X1) dan motivasi (X2) dengan kinerja (Y) ditunjukkan oleh angka R sebesar 0.652. oleh karena itu hipotesis H1 dan H2 diterima.

Kata Kunci : Budaya Organisasi, Motivasi dan Kinerja

Full Text:

PDF Untitled ()

Refbacks

  • There are currently no refbacks.