PENGARUH PELATIHAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN KANTOR PUSAT BANK KALBAR PONTIANAK
Abstract
PT. Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Barat (Bank Kalbar) merupakan salah satu BUMD yang bergerak dalam bidang jasa layanan perbankan. Untuk memenangkan persaingan dan menjadi Bank terkemuka di Kalimantan Barat, Bank Kalbar bersaing dengan Bank lainnya untuk mendapatkan nasabah dengan meningkatkan pelayanan secara optimal dengan menawarkan berbagai macam produk. Tercapainya tujuan tersebut salah satunya dengan meningkatkan kinerja karyawan berupa memberikan pelatihan dan meningkatkan motivasi kerja karyawan dalam bekerja. Adapun tujuan penelitian adalah untuk melihat secara jelas pengaruh pelatihan dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan Bank Kalbar Kantor Pusat. Permasalahan dalam penelitian ini adalahbagaimanakah pengaruh pelatihan dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan Kantor Pusat Bank Kalbar Pontianak. Metode penelitian ini adalah menggunakan pendekatan metode asosiatif dan metode kausal. Pengumpulan data menggunakan data primer berupa kuisioner dan wawancara serta data sekunder berupa data yang bersumber dari Kantor Pusat Bank Kalbar Pontianak.Sampel yang digunakan adalah random sampling. Sampel responden dalam penelitian ini adalah karyawan Kantor Pusat Bank Pontianak sebanyak 67 orang. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel pelatihan dan motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan Kantor Pusat Bank Kalbar Pontianak.
Kata Kunci : Pelatihan, Motivasi Kerja dan Kinerja Karyawan
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/ejme.v4i1.11446
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Master of Management Program, Faculty of Economics and Business, Universitas Tanjungpura
Editorial Address: Jalan Profesor Doktor Haji Hadari Nawawi,
Kecamatan Pontianak Tenggara, Bansir Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78115.
Equator Journal of Management and Entrepreneurship is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.