PENGARUH PERSEPSI INOVASI, KOMITMEN ORGANISASI, KEJELASAN PERAN DAN PEMBERDAYAAN PSIKOLOGIS TERHADAP KINERJA MANAJERIAL SKPD DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN KUBU RAYA

YASMIN PANCA MEIVIANTO B11210035

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh persepsi inovasi, komitmen organisasi, kejelasan peran dan pemberdayaan psikologis terhadap kinerja manajerial pegawai eselon III dan eselon IV di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya. Studi ini menggunakan metode survey, dengan pengumpulan data melalui penelusuran dokumen dan kepustakaan yang relevan, serta penyebaran kuesioner dan wawancara dengan pihak-pihak yang dipandang memiliki kompetensi sesuai dengan topik penelitian. Metode analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan bantuan komputer melalui program SPSS 16 for windows.

Dari penelitian ini terungkap bahwa variabel persepsi inovasi, komitmen organisasi, kejelasan peran dan pemberdayaan psikologis terbukti memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel kinerja manajerial melalui perhitungan uji t dimana nilai t hitung masing-masing variabel kesemuanya lebih besar daripada t tabel.

Berdasarkan hasil penelitian, pengaruh persepsi inovasi, komitmen organisasi, kejelasan peran dan pemberdayaan psikologis yang signifikan terhadap kinerja manajerial membuktikan pentingnya unsur motivasi intrinsik terhadap kinerja pegawai. Untuk itu Pemerintah Kabupaten Kubu Raya diharapkan mampu berperan secara aktif terhadap upaya peningkatan motivasi intrinsik pegawai yang tercermin dalam variabel-variabel psikologis tersebut.

Kata Kunci : Persepsi Inovasi, Komitmen Organisasi, Kejelasan Peran, Pemberdayaan Psikologis dan Kinerja Manajerial

Full Text:

PDF Untitled ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/ejme.v3i4.10896

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher: Master of Management Program, Faculty of Economics and Business, Universitas Tanjungpura

Editorial Address: Jalan Profesor Doktor Haji Hadari Nawawi,
Kecamatan Pontianak Tenggara, Bansir Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78115.

Creative Commons License
Equator Journal of Management and Entrepreneurship is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.