ANALISIS PENGARUH KOMPETENSI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN BANK KALBAR CABANG MEMPAWAH

MAS YUSMIDI B11212148

Abstract


Untuk mewujudkan keberhasilan perusahaan dalam mencapai tujuannya maka karyawan harus memiliki kemampuan kompetensi dan motivasi kerja dalam melakukan pekerjaan agar kinerja dapat ditingkatkan baik jangka pendek maupun jangka panjang. Walaupun banyaknya sarana dan prasarana serta sumber daya tanpa dukungan sumber daya manusia yang handal kegiatan perusahaan tidak akan berjalan dengan baik. Dengan demikian sumber daya manusia merupakan kunci pokok yang harus diperhatikan dalam segala kebutuhan organisasi atau perusahaan terutama yang bergerak dalam bidang usaha jasa perbankan yang akan menentukan keberhasilan pelaksanaan kegiatan perusahaan tersebut.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada Bank Kalbar Cabang Mempawah. Untuk itu dalam mencapai tujuan organisasi dibutuhkan sumber daya manusia yang memadai dalam mendorong kinerja karyawan. Populasi dalam penelitian berjumlah 50 karyawan dan teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan judgement purposive sampling dimana penelitian ini menggunakan pertimbangan tertentu terhadap elemen populasi yang dipilih sebagai sampel yang berjumlah 48 karyawan Bank Kalbar Cabang Mempawah.

Dalam penelitian ini menggunakan metode diskriptif yaitu penelitian yang menggunakan tabel sehingga peneliti berusaha menggumpulkan dan menyajikan data dari wawancara, penyebaran kuesioner kepada responden dan melakukan studi kepustakaan dengan demikian dapat dianalisis untuk dapat memberikan gambaran yang cukup jelas atas objek yang diteliti. Penelitian ini menggunakan alat analisis data yaitu statistik diskriptif dan regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh kompetensi dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada Bank Kalbar Cabang Mempawah.

Hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi dan motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja. Secara parsial, motif, sifat, konsep diri dan keterampilan merupakan faktor yang berpengaruh nyata terhadap kinerja. Hasil korelasi berganda menunjukkan bahwa terjadi hubungan yang kuat antara kompetensi dan motivasi kerja terhadap kinerja. berdasarkan analisis determinasi, menunjukkan pengaruh motif, sifat, konsep diri, pengetahuan dan keterampilan secara serentak terhadap variabel kinerja, selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Kata Kunci : Kompetensi, Motivasi Kerja dan Kinerja

Full Text:

PDF Untitled ()

Refbacks

  • There are currently no refbacks.