PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL SERTA KINERJA PEGAWAI DI SEKRETARIAT DAERAH PROVINSI KALIMANTAN BARAT

MARYADI B11212076

Abstract


Upaya Pemerintah Daerah untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik terhadap masyarakat terus dilakukan. Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah meningkatkan kepuasan kerja, komitmen organisasional dan kineja pegawai dengan meningkatkan budaya organisasi. Penelitian ini menganalisa pengaruh budaya organisasi terhadap kepuasan kerja dan komitmen organisasional serta kinerja pegawai.

Untuk menguji permasalahan tersebut, kuesioner disebarkan pada 80 (delapan puluh) orang pegawai Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Barat. Data yang terkumpul kemudian dianalisa menggunakan teknis uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas dan linieritas, dan Path Analysis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh langsung budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja dan komitmen organisasional serta kinerja pegawai, dan kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional, sedangkan pengaruh tidak langsung budaya organisasi tidak bersinergi dengan kepuasan kerja pegawai dalam mempengaruhi komitmen organisasional dan budaya organisasi tidak bersinergi dengan kepuasan kerja dan komitmen organisasional dalam mempengaruhi kinerja pegawai.

Kata Kunci : Budaya Organisasi, Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasional dan Kinerja

Full Text:

PDF Untitled ()

Refbacks

  • There are currently no refbacks.